Cluster Server IPTV dengan Penjadwalan Algoritma Round Robin

Didik Aribowo

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang pesat, otomatis seiring juga dengan meningkatnya para pengguna yang terhubung pada jaringan internet. Berawal dari sebuah single server yang selalu mendapatkan request dari banyak user, perlahan tapi pasti akan terjadi overload dan crash sehingga berdampak pada request yang tidak dapat dilayani oleh single server. Desain arsitektur cluster dapat dibangun dengan menggunakan konsep network load balancing yang memungkinkan proses pengolahan data di share ke dalam beberapa komputer. Dalam penelitian ini menggunakan algoritma penjadwalan round robin sebagai solusi alternatif mengatasi permasalah overload data pada server yang dapat mempengaruhi kinerja sistem IPTV. Untuk  jumlah request yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5000, 15000, 25000, dan 50000 request. Dengan metode tersebut, maka performansi algoritma penjawalan dapat diamati dengan menekankan pada parameter sebagai berikut, yaitu throughput, respon time, reply connection, dan error connection sehingga didapatkan algoritma penjadwalan terbaik dalam rangka optimalisasi cluster server IPTV. Secara otomatis dalam proses load balancing mampu mengurangi beban kerja setiap server sehingga tidak ada server yang overload dan memungkinkan server  menggunakan bandwidth  yang tersedia secara lebih efektif serta menyediakan akses yang cepat ke web browser yang dihosting. Implementasi webserver cluster dengan skema load balancing dapat memberikan alvalaibilitas sistem yang tetap terjaga dan skalabilitas yang cukup untuk dapat tetap melayani setiap request dari pengguna

Keywords


IPTV, Load Balancing, Round Robin

Full Text:

PDF

References


Youn, C., 2005, “ Perfomance Improvement of Cluster System by Server Status Information”, Departement of Internet Software, Honam University.

NAT Technology White Paper, Agustus, 2008, .

MII, “IPTV Architecture", http://www.itu.int/ITU-T/IPTV/ events/ 072006/docs/ID/FGIPTV-ID-0048e.doc

Greg Light, Roy Cox, 2001, “Learning & Teaching in Higher Education: The Reflective Professional”, Paul Chapman Publishing Ltd, London.

Cole, J. Foster, H., 2008., “Using Moodle: Teaching With The Popular Open Source Course Management System, 2nd edition”, O’Really. Community Press.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 30, 19 Agustus, 2009, “Penyelenggaraan Layanan Televisi Protokol Internet (Internet Protocol Television/IPTV) di Indonesia”.

Wenshong Zang., 1998, “Round-Robin scheduling”, http://kb.linuxvirtualserver.org/wiki/Round-Robin_Scheduling”.

Wenshong Zang., 1998, “Least-Connection scheduling”,, http://kb.linuxvirtualserver.org/wiki/Least_Scheduling”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.