Sistem Monitoring Proses Produksi pada Mesin Bardi di PT. Tirta Investama (Danone Aqua) Sukabumi Berbasis Web

Heri Haryanto, Endi Permata

Abstract


Proses produksi pengisian air Aqua galon menggunakan mesin Bardi di PT. Tirta Investama Aqua Danone Sukabumi memiliki parameter-parameter proses yang harus selalu dipantau, sehingga jika terjadi nilai parameter yang melebihi atau kurang dari batas toleransi yang diberikan dapat segera dilakukan tidakan intervensi untuk menghindari terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Sistem monitoring parameter proses produksi berbasis web dapat dimanfaatkan untuk memantau parameter-parameter pada mesin Bardi. Sistem ini terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri atas sensor-sensor yang dipasang pada mesin Bardi yang menghasilkan sinyal analog yang kemudian oleh PLC Allen Bradley data akan dikonversi menjadi data digital. Data akan dikirimkan secara real-time dan disimpan pada database server komputer dan disinkronisasikan dengan web server. Perangkat lunak pada pemograman website menggunakan Adobe Dreamweaver CS6 sebagai kontrol visual dan tampilan data menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Sistem monitoring proses produksi dapat memantau parameter-parameter mesin Bardi serta mentransmisikan data perubahan parameter proses produksi yang ditampilkan melalui aplikasi web.

Keywords


Sistem Monitoring, website, Real-Time.

Full Text:

PDF

References


Azhan Bin Ab Latiff, Mohd, 2007, PLC Monitoring Via Web. Malaysia: Universiti Teknikal Kebangsaan Malaysia (UteM)

Jhuana Ohara. Gheyb. 2005.Aplikasi Sistem Monitoring Berbasis Web Untuk Open Cluster. Bandung: Sekolah Tinggi Teknologi Telkom.

Khairil Simbolon, Zulfan. 2007. Real Time Monitoring Besaran Listrik Untuk Managemen Energi Gedung Komersial Berbasis Web. NAD: Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Madcoms. 2008. Teknik Mudah Membangun Website dengan HTML, PHP, dan MySql. Yogyakarta : Andi.

Monte Ohrt and Zmievski, Andrei. 2010. Smarty - the compiling PHP template engine. New Digital Group, Inc.

Rio, Astamal. 2005. Mastering Kode HTML. www.rahasia-webmaster.com, Edisi kedua: hal. VI-VII, 1-6

Riyanto, dan Rama Okta Wiyagi. 2011. Sistem Monitoring Suhu Ruang Server Berbasis Web dengan Menggunakan EZ430. Jurnal Ilmiah Elite Elektro. Vol. 2, No. 3, Maret 2011: 50-54

Solichin, Achmad. 2005. Pemograman Web dengan PHP dan MySql Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Solichin, Achmad. 2010. MySQL 5 : Dari Pemula Hingga Mahir Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Wibowo, Angga. 2007. 16 Aplikasi PHP Gratis untuk Pengembangan situs Web. Yogyakarta : Andi.

Sumber dari Internet :

fusioncharts.com. 2013. FusionCharts Free Documentation. (http://docs.fusioncharts.com/free/ Diakses pada tanggal 18 Juni 2013)

kohaci.com, 2010. [Update] FusionCharts (Free) + CodeIgniter. (http://kohaci.com/2010/10/26/update-fusioncharts-free-codeigniter.html#more-283 diakses pada tanggal 18 Juni 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v3i1.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.