Analisis Karakteristik Motor Induksi Tiga Fasa XYZ Standar NEMA

Heri Haryanto, Ri Munarto

Abstract


Luasnya penggunaan motor induksi dan kebutuhan operasi membutuhkan informasi dari model motor induksi tiga fasa tersebut, dalam kondisi real ditemukan permasalahan tegangan sumber yang tidak sinusoidal dan terjadinya perubahan beban. Selain itu untuk keperluan perancangan kendali selanjutnya sering diinginkan kesederhanaan rangkaian, kompleksitas selalu dihindari untuk menghindari kerumitan pembuatan rancangan. Oleh karena itu diperlukan suatu model motor induksi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan model d-q-n menggunakan metode kerangka referensi. Penelitian ini dibuat untuk membuat model matematis motor induksi tiga fasa dalam kerangka referensi menggunakan MATLAB simulink.Motor induksi telah distandardisasi menurut karakteristik torsinya dari NEMA, berbagai tipe motor tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, maka perancangan program GUI dibuat pada penelitian ini untuk menganalisa karakteristik dan efisiensi daya dari sebuah motor induksi. Hasil simulasi model kerangka referensi menunjukkan hasil gelombang arus stator fasa A sama dengan arus stator fasa D. Motor induksi tiga fasa torsi maksimal pada simulasi sebesar 2.19 N-m, arus starting rendah 3.67 A, dan slip yang rendah saat torsi maksimal yaitu sebesar 12%. Hasil program dan GUI dapat dikatakan cukup berhasil, sehingga dapat digunakan untuk model dinamis motor induksi tiga fasa dan penentuan karakteristik motor standar NEMA.

Keywords


Pemodelan, Karakteristik Motor Induksi Tiga Fasa , Standar NEMA.

Full Text:

PDF

References


Palpankar P. M., Ghanmare R.U., dan Makade N. 2013. A Generalized Dynamic Model of Induction Motor using Simulink. D.B.A.C.E.R, Nagpur.

Ozpineci Burak, dan Tolbert Leon M.. 2009. Simulink Implementation of Induction Machine Model A Modular Approach. Oak Ridge National Laboratory.

Robyns, B. 2012. Vector Control of Induction Machines, Power Systems. Springer-Verlag London.

Aktaibi Adel, Ghanim Daw. Dkk. 2013. Dynamic Simulation of a Three-Phase Induction Motor Using Matlab Simulink. Memorial University of Newfoundland.

Lee R. J., Pillay P. dan Harley R.G. 1984. D, Q Reference Frames for the Simulation of Induction Motors. University of Natal.

Finayani Yaya, dan Alhan Muhammad. 2011. Analisis Karakteristik Motor Induksi Tiga Fase NEMA D Untuk Melakukan Penghematan Energi. Politeknik Pratama Mulia.

Kadaffi, Muhamar.MT. Penerapan Simulink Untuk Simulasi. Universitas Mercu Buana: Jakarta.2011.

Purnomo, Isnanto Heru. Analisis Motor Induksi Tiga Fasa dengan Metode Kerangka Referensi. Universitas Diponegoro.

Chapman, Stephen J. Electric Machinery Fundamentals 4th Edition. New York: McGraw-Hill.

Putri, Devia Rafika. 2013. Rancang Bangun Laboratorium Virtual untuk Studi Analisis Karakteristik Motor-motor Listrik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Yandri. 2011. Penentuan Parameter dan Arus Asut Motor Induksi Tiga Fasa. Universitas Tanjungpura.

Krause P. C., dan Thomas C. H. 1965. Simulation of Symmetrical Induction Machinery. IEEE Transactions on Power Apparatus and System.

Prasetyo, Eko. 2009. Analisis Pengaruh Jatuh Tegangan Jala-jala Terhadap Unjuk Kerja Motor Induksi Tiga Fasa Rotor Sangkar Tupai . Universitas Sumatera Utara.

Chapter 3 Model of a Three Phase Induction Motor. Tersedia dari http://www.tntech.edu/files/cesr/StudThesis/asuri/chapter3.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v3i1.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.