Aplikasi Teknik Enkripsi Dan Dekripsi File Dengan Algoritma Blowfish Pada Perangkat Mobile Berbasis Android

Siswo Wardoyo, Rian Fahrizal

Abstract


Kriptografi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengamankan data dalam bentuk file dengan mengenkripsi file sehingga orang lain tidak berhak mengetahui file yang sifatnya pribadi dan rahasia. Salah satu metode kriptografi adalah algoritma Blowfish yang merupakan algoritma yang menggunakan kunci simetris untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Aplikasi yang dibangun ini dapat melakukan enkripsi file berbentuk gambar, video, dan dokumen. Aplikasi ini dapat berjalan pada ponsel yang minimal memiliki sistem operasi Android versi 2.3. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Eclipse. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu melakukan enkripsi dan dekripsi dengan baik. Hasil enkripsi file membuat file menjadi tidak diketahui lagi maknanya. Dengan menggunakan kunci berjumlah 72 bit atau 9 karakter dibutuhkan waktu 1,49x108 tahun untuk membongkarnya dengan kecepatan komputasinya adalah 106 key/sec. Panjang kunci dan kerahasiaan kunci mempengaruhi dari tingkat keamanan file.

Keywords


kriptografi, algoritma Blowfish, kunci simteris, Android, enkripsi, dekripsi.

Full Text:

PDF

References


Rahman, Abdul. (2012). Implementasi Algoritma Serpent Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Data File Pada Ponsel Berbasis Android. Jurnal Jurusan Teknik Informatika STMIK GI MDP.

Defni, Indri Rahmayun. (2014). Enkripsi SMS (Short Message Service) Pada Telepon Selular Berbasis Android Dengan Metode RC6. Jurnal Momentum Vol.16 No.1. Februari 2014 Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang.

Munir, Rinaldi. (2006). Kriptografi. Bandung: Penerbit Informatika.

Munir, Rinaldi. (2004). Diktat Kuliah IF5054 Kriptografi. Bandung. Teknik Informatika ITB.

Syafari, Anjar. Sekilas Tentang Enkripsi Blowfish. Tersedia dari: ilmukomputer.org/wp.../anjar-enkripsi-blowfish.doc. [URL dikunjungi pada tanggal 2 September 2013]

Juwairiah. (2010). Aplikasi Kriptografi File Menggunakan Algoritma Blowfish. Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF 2010) UPN ”Veteran” Yogyakarta, 22 Mei 2010.

Tri Massandy, Danang. (2011). Studi dan Implementasi Cryptography Package pada Sistem Operasi Android. Makalah Jurusan Teknik Informatika-STEI Institut Teknologi Bandung.

Satvika Aswari, Ni Made. (2011). Eksplorasi Java Cryptography Architecture (JCA) dan Implementasinya Pada Perangkat Android. Makalah Jurusan Teknik Informatika-STEI Institut Teknologi Bandung.

Amiral, Muhammad. (2010). Aplikasi Pengingat Shalat dan Arah Kiblat Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android 1.6. Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Indonesia.

Inggiantowi, Hafid. (2011). Studi Implementasi Algoritma Block Cipher pada Platform Android. Makalah Jurusan Teknik Informatika-STEI Institut Teknologi Bandung.

Pratama, Widianto. Pengenalan Android Part 1. Tersedia dari: ml.scribd.com/doc/190153286/Pengenalan-Android. [URL dikunjungi pada tanggal 20 Juni 2013]

E Pratiwi, Apriyanti. (2011). Implementasi Enkripsi Data Dengan Algoritma Blowfish Menggunakan Java Pada Aplikasi Email. Jurnal Jurusan Teknik Komputer Politeknik Telkom Bandung.

Erikawaty Aryani Tambunan, Shanty. (2010). Implementasi Algoritma Kriptografi Blowfish Untuk Keamanan Dokumen Pada Microsoft Office. Jurnal Jurusan Teknik Informatika STMIK Amikom Yogyakarta.

Pambudi Nusa, Tetuko. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Enkripsi Database MYSQL Dengan Algoritma Blowfish. Jurnal Jurusan Manajemen Informatika Universitas Negeri Surabaya.

Alim Sutanto,Candra. (2010). Penggunaan Algoritma Blowfish Dalam Kriptografi,Bandung. Makalah Jurusan Teknik Informatika-STEI Institut Teknologi Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v3i1.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.