Sistem Presensi Berbasis Agoritma Eigenface Dengan Metode Principal Component Analysis

Siswo Wardoyo, Romi Wiryadinata, Raya Sagita

Abstract


Presensi adalah suatu pendataan kehadiran, bagian dari pelaporan aktivitas suatu institusi, atau komponen institusi itu sendiri yang berisi data-data kehadiran yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pihak yang berkepentingan. Aplikasi komputer yang dikembangkan pada sistem presensi adalah aplikasi komputer yang dapat mengenali wajah seseorang hanya dengan menggunakan webcam. Sistem pengenalan wajah ini menggunakan algoritma eigenface, dengan menggunakan citra yang dihasilkan melalui webcam dan menggunakan informasi mentah dari pixel citra yang kemudian direpresentasikan dalam metoda Principal Component Analysis (PCA). Hasil dari pengujian sistem presensi menggunakan ekspresi wajah, aksesoris wajah dan variasi jarak, didapat sensivisitas 100%, spesifisitas 55.55 %, dan akurasi 69.33 %.

Keywords


Sistem presensi, eigenface, PCA.

Full Text:

PDF

References


Indra. Sistem pengenalan wajah dengan metode eigenface untuk absensi pada PT. florindo lestari. Fakultas Teknologi Informasi. 2012, Universitas Budi Luhur: Jakarta.

Sigit Wasista, Bima Sena Bayu D, dan Sandra Agustyan Putra. Sistem Pengenalan Wajah Pada Mesin Absensi Mahasiswa Menggunakan Metode PCA Dan DTW. 2011, Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) : Surabaya.

Agus Kurniawan, Akuwan Saleh, dan Nana Ramadijanti. Aplikasi Absensi Kuliah Berbasis Identifikasi Wajah Menggunakan Metode Gabor Wavelet. 2012, Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) : Surabaya.

Rinaldi Munir. Pengolahan Citra Digital (Computer vision & Image Processing). 2004, Informatika : Bandung

Oky Dwi Nurhayati, Kompresi Citra. 2010, Universitas Diponegoro : Semarang.

Agung Susanto. Makalah Pengertian Webcam. 2012, STMIK Banjarbaru : Banjarmasin

Hanif al Fatta. Rekayasa Sistem Pengenalan Wajah. 2009, STMIK AMIKOM Yogyakarta : Penerbit Andi.

Fika Tiara Putri, Analisis Algoritma Eigenface (Pengenalan Wajah) Pada Aplikasi Kehadiran Pengajaran Dosen. 2011, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta.

Kholistianingsih (2012). Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Eigenface.

Diah Eka Puspitasari, Achmad Hidayatno, dan Ajub Ajulian Zahra. Pengenalan wajah menggunakan principal component analysis (pca) untuk aplikasi sistem keamanan rumah. 2011, Fakultas Teknik. Jurus Teknik Elektro. Universitas Diponegoro: Semarang.

Dadang Ardiansyah, Edi Satriyanto, Eru Puspita, Budi Nur Iman. Identifikasi wajah pada sistem keamanan brankas menggunakan principal component analysi. 2011, Jurusan Teknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Kampus PENS-ITS Sukolilo: Surabaya

Saputra Aries Pratama. Deteksi wajah manusia dengan Template Matching dan ektraksi Fitur Gabor. 2011, Institut Teknologi Telkom : Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v3i1.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.