Kemudahan Pemrograman Mikrokontroller Arduino Pada Aplikasi Wahana Terbang

Effendi Dodi Arisandi

Abstract


Perkembangan teknologi elektronika semakin canggih dengan mengikuti perubahan jaman. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak bisa terlepas dari perangkat elektonika, baik yang sederhana maupun yang canggih seperti smart phone. Bagi pelajar atau mahasiswa untuk mempelajari pemrograman IC mikrokontroller khsusnya keluaran dari ATMEL dipermudah dengan kehadiran sistem open source arduino. Jika dibandingkan dengan keadaan 10 tahun yang lalu, pemrograman mikrokontroller pada umumnya masih menggunakan bahasa mesin yang lebih populer disebut dengan bahasa assembler dan cukup sulit untuk memahaminya. Banyak sekali aplikasi arduino yang bisa dimanfaatkan dalam penelitian seperti ardupilot untuk aplikasi UAV. Dalam tulisan ini, akan dipaparkan kemudahan dan pemanfaatan sistem arduino dalam perkembangan teknologi elektronika. Dari hasil kajian penggunaan system arduino dapat disimpulkan bahwa dengan system open source dan berbiaya murah maka perkembangan teknologi elektronika khususnya dibidang aplikasi mikrokontroller dapat berkembang secara pesat.

Keywords


Arduino, Ardupilot, UAV, EDF, Assembler.

Full Text:

PDF

References


http://arduino.cc/en/main/software

http://www.mikron123.com/index.php/Tutorial-MCS-51/Pemrograman-AT89S51-bahasa-Assembly.html

Mulyani, Katjuk Astrowulan dan Joko Susila, “Autolanding Pada UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Menggunakan Kontroler PID-Fuzzy”, Jurusan Teknik Elektro, ITS, Jurnal Teknik POMITS Vol. 1, No. 1, (2012) 1-5.

Muhammad Arifudin Lukmana dan Hendro Nurhadi, “Rancang Bangun Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Empat Baling-baling (Quadrotor-Arducopter), Jurusan Teknik Mesin, ITS.

https://www.sparkfun.com/tutorials/303

http://diydrones.com/notes/ArduPilot




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v3i2.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.