Rancang Bangun Sistem Penggerak Pompa Air Sungai Menggunakan Solar Cell Untuk Irigasi Sawah Di Daerah Purwakarta Cilegon

Muhamad Otong

Abstract


Air merupakan komponen terpenting dan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Pada lahan pertanian yang cukup luas, pengadaan air pada setiap tumbuhan masih dilakukan secara manual yaitu dengan menyiramnya satu persatu. Hal tersebut sangat menyita waktu dan tenaga para petani, bahkan ada yang menggunakan mesin pompa diesel hal ini banyak memakan biaya karena harga konsumsi bahan bakar solar yang tinggi. Permasalahan yang akan dibahas dalam laporan ini adalah rancang bangun sistem penggerak pompa air sungai untuk irigasi dan penggunaan solar cell sebagai sumber energi terbarukan yang mengantikan sumber energi listrik dari PLN pada lapangan terbuka yang sulit mencari sumber listrik serta menghitung besar kapasitas komponen yang akan digunakan seperti : solar cell, BCR,inverter, dan baterai. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan solar cell sebagai catu daya, dan penggunaan pompa air untuk mendistribusikan air dari sumber ke sawah.

Kata Kunci:, Irigasi Sawah, Pompa Air, Solar Cell, PLN, Air


References


G. I. A. R. Prima, “Naskah Publikasi Penggunaan Panel Surya ( Solar Cell ) Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif Untuk Pompa,” 2015.

C. Hermanu, B. Apribowo, T. E. S, and M. Anwar, “Prototype Sistem Pompa Air Tenaga Surya Untuk Meningkatkan Produktivitas Hasil Pertanian,” ABDIMAS, vol. 21, 2017.

D. Workstation, “Analisis Kebutuhan Air Irigasi Pada Daerah Irigasi Bangbayang Uptd Sdap Leles Dinas Sumber Daya Air Dan Pertambangan Kabupaten Garut,” J. Konstr., vol. Vol. 13 No, no. ISSN : 2302-7312, pp. 1–28, 2015.

A. Priyonugroho, “Analisis Kebutuhan Air Irigasi ( Studi Kasus Pada Daerah Irigasi Sungai Air Keban Daerah Kabupaten Empat Lawang ),” J. Tek. Sipil dan Lingkung., vol. 2, no. 3, 2014.

R. Sitompul, “Manual Pelatihan Teknologi Energi Terbarukan Yang Tepat Untuk Aplikasi Di Masyarakat Pedesaan,” in international Development Cooperation, 2011.

A. Imron, “Studi Pemanfaatan Energi Matahari di Pulau Panjang Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif,” 2013.

N. D. Anggraeni, “Aplikasi Sel Surya Sebagai Energi Terbarukan Pembangkit Hibrida Pada Solar Home System,” 2010.

I. D. A. S. Santiari, “Studi Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sebagai Catu Daya Tambahan Pada Industri Perhotelan Di Nusa Lembongan Bali,” 2011.

D. S. Mintorogo, “Strategi Aplikasi Sel Surya ( Photovoltaic Cells ) Pada Perumahan Dan Bangunan Komersial,” Dimens. Tek. Arsit., vol. 28, no. 2, pp. 129–141, 2000.

A. E.-S. a. Nafeh, “Design and Economic Analysis of a StaRemote Area Household in Egypt,” Open Renew. Energy J., vol. 2, no. 1, pp. 33–37, 2009.

M. Syukri, “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ) Terpadu Menggunakan Software PVSYST Pada Komplek Perumahan di Banda Aceh,” vol. 9, no. 2, 2010.

A. Teja, A. Tjok, and I. W. A. Wijaya, “Perbandingan Penggunaan Motor DC Dengan AC Sebagai Penggerak Pompa Air Yang Disuplai Oleh Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ),” no. November, pp. 14–15, 2013.

E. PDNarale, “Study of Solar PV Water Pumping System for Irrigation of Horticulture Crops,” Int. J. Eng. Sci. Invent. ISSN (Online, vol. 2, no. 12, pp. 2319–6734, 2013.

A. Nasir, “Design , Simulation and Analysis of Photovoltaic Water Pumping System for Irrigation of a Potato Farm at Gerenbo,” 2016.

N. Bengtsson and J. Nilsson, “Solar Water Pumping for Irrigation Case Study of the Kilimanjaro Region in Tanzania,” Bachelor Thesis Energy Technol., 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v8i1.5752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.