Sistem Administrasi Proses Belajar Mengajar Di Program Studi Teknik Telekomunikasi PNJ Berbasis Android dengan Transmisi WiFi

Toto Supriyanto, Rizky Amalia

Abstract


Sistem Administrasi Proses Belajar Mengajar di Program Studi Teknik Telekomunikasi PNJ Berbasis Android dengan Transmisi Wifi  merupakan sebuah sistem untuk pencatatan kegiatan belajar mengajar berupa absen mahasiswa dan materi pembelajaran setiap harinya. Web server bertindak sebagai admin dan aplikasi android sebagai user. User dalam hal ini adalah dosen. Aplikasi ini terinstal pada tablet PC dan setiap menggunakan aplikasi ini user akan melakukan login terlebih dahulu dengan memasukkan username dan password sesuai dengan database server. Setelah melakukan login aplikasi akan menampilkan halaman menu. Pada halaman menu berisi  profil dosen, kelas dan mata kuliah yang diajar oleh dosen, kurikulum yang ada di program studi teknik telekomunikasi PNJ dan jadwal mengajar dosen. Pada menu jadwal, dosen dapat melakukan absensi mahasiswa didik. Dosen melakukan absen satu persatu dengan menekan tombol “absen”. Data absensi dikirimkan ke web server dengan transmisi wifi dan masuk ke halaman lembar kontrol kegiatan dimana user diminta untuk mencatatkan judul materi. Web server akan menyimpan seluruh data yang dikirimkan oleh aplikasi android dan mengakumulasi absensi mahasiswa. Jika terdapat mahasiswa yang tidak hadir pada jam belajar dan memiliki masalah pada jumlah absensi sistem akan mengirimkan notifikasi berupa SMS kepada mahasiswa bersangkutan melalui SMS gateway.

Keywords


Telekomunikasi

Full Text:

PDF

References


Haryanto, Toto. (2008). Instalasi XAMPP Pada Sistem Administrasi Linux. Bogor: POSS IPB.

Solichin, Achmad. (2008). Pemograman Web Dengan PHP dan My SQL. Jakarta:UBL.

Peranginangin, Kasiman. (2008). Panduan Lengkap Adobe Dreamweaver CS4.Yogyakarta: Andi dan Madcoms.

Hermawan, S.S. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi.

Listanto, V. (2011). Teknik Jaringan Komputer. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

D.P. Karina, S.N.M.P. Simamora, dan H.Robbit. (2012). Implementasi Layanan SMS Gateway dengan Memanfaatkan Jaringan Interkoneksi dalam Dukungan Media Koneksi Dosen Mahasiswa. Jurnal PA..

Anonim. (13 April 2013). Tablet PC Axio Pico Pad 10, Tabloid Pulsa.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v5i1.889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.