Analisis strategi pemasaran pupuk NPK Pelangi untuk menghadapi pasar bebas ASEAN

Singgih Rahardjo, Willy Tambunana, Yudi Sukmono

Abstract


Berdasarkan letak geografis, Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis sehingga termasuk Negara Agraria (pertanian). Sektor pertanian mengalami pertumbuhan dan kinerja ekspor selama pandemi Covid 19, pertumbuhan positif tersebut sebesar 1,75%. Dalam menunjang sektor pertanian, PT. Pupuk Kalimantan Timur (BUMN) adalah salah satu produsen pupuk terbesar di Indonesia saat ini, dengan produk pupuk NPK Pelangi. Keberadaan Asean Free Trade Area (AFTA) sejak 1992, memberikan peluang produsen pupuk dalam negeri untuk membuka pasar secara global, namun hal ini juga bisa menjadi ancaman karena masuknya produk luar kedalam pasar domestik. Beberapa produk pupuk yang menguasai pasar saat ini adalah NPK Mutiar dan Yaramila. Hal ini mengharuskan PT. Pupuk Kalimantan Timur membutuhkan Strategi Pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisiean adalah dengan mendaftarkan faktor evaluasi internal (IFE) dan eksternal (EFE) produk, mengetahui posisi pasar dan klasifikasi startegi dengan Matriks Internal Ekternal (IE). Selanjutnya dapat dilakukan analisis Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) untuk mengetahui strategi usuluan dan terakhir mengambil keputusan setiap strategi hasil analisis SWOT akan dierikan skor terbaik pada matriks Quantitative Startegic Planing Matrix (QSPM). NPK Pelangi 16 16 16 berada pada Grow and Build. Klasifikasi strategi yang sebaiknya dilakukan adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk.

Keywords


Strategi Pemasaran; Pupuk NPK Pelangi; Internal Factors Evaluation; External Factors Evaluation; SWOT

Full Text:

PDF

References


F. A’dani, Y. Sukayat, I. Setiawan, and M. G. Judawinata, “Pandemi Covid-19: Keterpurukan dan kebangkitan pertanian strategi mempertahankan ketersediaan pangan pokok rumah tangga petani padi pada masa pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Desa Pelem, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah),” Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, vol. 7, no. 1, pp. 309–319, Jan. 2021, doi: 10.25157/ma.v7i1.4529.

Y. D. Pradana, D. Erwanto, and T. Handayani, “Implementasi histogram warna RGB dan Fuzzy C-Means untuk prediksi kebutuhan pupuk nitrogen tanaman padi,” Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, vol. 10, no. 2, Nov. 2021, doi: 10.36055/setrum.v10i2.11939.

A. N. Fadila, R. Rugayah, S. Widagdo, and K. Hendarto, “Pengaruh dosis pupuk npk terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kailan (brassica oleracea var. alboglabra) pada pertanaman kedua,” Jurnal Agrotek Tropika, vol. 9, no. 3, pp. 473–480, Sep. 2021, doi: 10.23960/jat.v9i3.5304.

A. D. Alfarizi and A. Andri, “Pemanfaatan data mining dalam memprediksi produksi pada PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menggunakan algoritma regresi liniear berganda,” Jurnal Nasional Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 51–63, Nov. 2021, doi: 10.47747/jurnalnik.v2i1.522.

R. S. Basuki, “Identifikasi permasalahan dan analisis usahatani bawang merah di dataran tinggi pada musim hujan di Kabupaten Majalengka,” Jurnal Hortikultura, vol. 24, no. 3, pp. 266–275, May 2016, doi: 10.21082/jhort.v24n3.2014.p266-275.

A. M. Riyandi, A. R. Mus, and M. Mas’ud, “Analisis strategi pemasaran pupuk pada PT. Pupuk Kalimantan Timur, Tbk.,” PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, vol. 3, no. 1, pp. 106–118, Jan. 2020, doi: 10.33096/paradoks.v3i1.447.

F. E. Novalia, M. Firdaus, and T. Hidayah, “Analisis Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pupuk pertanian bersubsidi pada kios resmi UD. Hasri Jaya di Kecamatan Silo Kabupaten Jember,” Jurnal Agribest, vol. 2, no. 1, Mar. 2018, doi: 10.32528/agribest.v2i1.1379.

J. Sheth, “New areas of research in marketing strategy, consumer behavior, and marketing analytics: the future is bright,” Journal of Marketing Theory and Practice, vol. 29, no. 1, pp. 3–12, Jan. 2021, doi: 10.1080/10696679.2020.1860679.

R. Varadarajan, “Customer information resources advantage, marketing strategy and business performance: A market resources based view,” Industrial Marketing Management, vol. 89, pp. 89–97, Aug. 2020, doi: 10.1016/j.indmarman.2020.03.003.

F. Li, J. Larimo, and L. C. Leonidou, “Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda,” Journal of the Academy of Marketing Science, vol. 49, no. 1, pp. 51–70, Jan. 2021, doi: 10.1007/s11747-020-00733-3.

S.-F. Chou, J.-S. Horng, C.-H. Sam Liu, and J.-Y. Lin, “Identifying the critical factors of customer behavior: An integration perspective of marketing strategy and components of attitudes,” Journal of Retailing and Consumer Services, vol. 55, p. 102113, Jul. 2020, doi: 10.1016/j.jretconser.2020.102113.

R. Wahyudi and Purnomo, “Analisis strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM pada PT. Sentral Perkasa Jaya,” JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), vol. 7, no. 1, pp. 19–29, Jun. 2020, doi: 10.35891/jkie.v7i1.2094.

I. D. Utama, “Analisis strategi pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada era digital di Kota Bandung,” EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, Jan. 2019, doi: 10.25273/equilibrium.v7i1.3829.

F. Firdaus, “Identifikasi strategi bersaing PT. Adira Dinamika Multifinance, Tbk Cabang Batu Raja,” J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 207–220, 2019, doi: 10.33753/mandiri.v3i2.81.

Y. A. Maulida and H. Habiburahman, “Analisis strategi pemasaran keripik pisang di era pandemi Covid-19 (Studi pada UMKM Keripik Sumber Rezeki),” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, vol. 1, no. 4, pp. 303–314, Mar. 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i4.34.

I. M. J. Astika and O. S. Suharyo, “Internal and external enviromental strategy analysis using SWOT matrix and QSPM,” International Journal of Progressive Sciences and Technologies, vol. 25, no. 1, pp. 507–516, Mar. 2021, doi: 10.52155/ijpsat.v25.1.2826.

S. K. Mallick, S. Rudra, and R. Samanta, “Sustainable ecotourism development using SWOT and QSPM approach: A study on Rameswaram, Tamil Nadu,” International Journal of Geoheritage and Parks, vol. 8, no. 3, pp. 185–193, Sep. 2020, doi: 10.1016/j.ijgeop.2020.06.001.

N. B. Puspitasari, R. Rumita, and G. Y. Pratama, “Pemilihan strategi bisnis dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan model MAUT (Multi Attribute Utility Theory) (Studi Kasus Pada Sentra Industri Gerabah Kasongan, Bantul, Yogyakarta),” J@Ti Undip J. Tek. Ind., vol. 8, no. 3, pp. 171–180, 2013, doi: 10.12777/jati.8.3.171-180.

A. Mujahid, M. E. Isharyani, and D. Widada, “Analisis 10.26593/jrsi.v7i2.2995.111-118 (QSPM) Studi kasus: Borneo Project,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 7, no. 2, pp. 111–118, Oct. 2018, doi: 10.26593/jrsi.v7i2.2995.111-118.

T. Baroto and C. Purbohadiningrat, “Analisis strategi pengembangan bisnis PPOB KIPO menggunakan analisis SWOT dan QSPM,” Jurnal Teknik Industri, vol. 15, no. 1, pp. 88–102, Nov. 2014, doi: 10.22219/JTIUMM.Vol15.No1.88-102.

D. Prayudi and R. Yulistria, “Penggunaan matriks SWOT dan metode QSPM pada strategi pemasaran jasa wedding organizer: Studi kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi,” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, vol. 9, no. 2, pp. 224–240, Apr. 2020, doi: 10.30588/jmp.v9i2.516.

M. R. Ratu, A. Keban, and J. G. Sogen, “Pengolahan sampah organik rumahtangga menjadi pupuk bokashi serta pemanfaatannya bagi tanaman rempah dan peningkatan pendapatan di Kelurahan Penfui,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Peternakan, vol. 5, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.35726/jpmp.v5i1.411.

M. N. Burhanudin, D. Widada, and A. Profita, “Analisis strategi pemasaran klinik Universitas Mulawarman menggunakan metode quantitative strategic planning matrix (QSPM),” Journal Industrial Servicess, vol. 5, no. 1, Oct. 2019, doi: 10.36055/jiss.v5i1.6509.

N. Wahyuni, D. Kamsin, E. Febianti, and G. I. Bimantara, “Quantitative strategic planning matrix pemasaran air minum dalam kemasan,” Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, vol. 19, no. 1, Mar. 2020, doi: 10.20961/performa.19.1.40996.

D. N. Amalia and R. Ningsih, “Strategi pengembangan marketing mix dengan analisis SWOT pada Gerai Kopi Liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, vol. 20, no. 2, pp. 421–441, Sep. 2021, doi: 10.31186/jagrisep.20.2.421-441.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v7i2.13996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by