Analisis SWOT dalam pengembangan strategi pemasaran tas pria di masa pandemik Covid-19

Winda Rana Zahra, Dene Herwanto, Shania Viera Agnezia

Abstract


CV Sportex merupakan salah satu usaha kecil yang berfokus di bidang konveksi dengan produk berupa tas pria. Saat ini, strategi pemasaran yang dilakukan CV Sportex tidak inovatif dalam menghadapi pandemik Covid-19, yaitu masih terbilang manual secara luring, produk dipasarkan dengan sistem penjualan titip barang di beberapa pasar tradisional. Hal tersebut, akan mengalahkan daya saing promosi dibandingkan pesaing lain yang telah memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan posisi CV Sportex terhadap pesaing lainnya yang sejenis dan mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan pasar. Metode yang efektif untuk menyelesaikan masalah yang ditemui pada CV Sportex yaitu dengan analisis SWOT. Dengan mengetahui dan memahami kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang tampak dan dialami perusahaan maka perusahaan akan mampu bersaing dan mencapai target yang ada secara efisien dan efektif. Mengenai hasil analisis matriks IE, CV Sportex berada pada sel IV kategori grow and build dengan total skor matriks IFE yaitu 3,12 dan matriks EFE yaitu 2,76. Dengan demikian strategi yang sesuai untuk CV Sportex yaitu intensif, seperti melakukan penetrasi pasar serta mengembangkan pasar dan produk, atau dengan melakukan pembauran ke arah belakang, depan serta horizontal.

Keywords


SWOT; Matriks IFE; Matriks EFE; Matriks IE; Straegi Pemasaran

Full Text:

PDF (IDN)

References


W. Nur, B. Pertiwi, and L. Uzliawati, “Strategi Usaha Konveksi pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Serang,” JMK (Jurnal Manaj. dan Kewirausahaan), vol. 7, no. 1, pp. 1–11, Jan. 2022, doi: 10.32503/JMK.V7I1.1950.

S. Sulistiyani, A. Pratama, and S. Setiyanto “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 3, no. 2, pp. 31–39, Feb. 2020, doi: 10.32493/JPKPK.V3I2.4029.

A. J. Winarto, “Analisis Swot sebagai Strategi dalam Membantu Perekonomian UMKM Jasa Konveksi @anfcreative.id Di Era Pandemi,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 74–88, Jan. 2021, doi: 10.36418/SYNTAX-LITERATE.V6I1.2084.

I. Istiqomah and I. Andriyanto, “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus),” BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 363–382, Feb. 2018, doi: 10.21043/BISNIS.V5I2.3019.

K. Sedyastuti, “Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 117–127, Jul. 2018, doi: 10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65.

U. Amri and Y. Yahya, “Pengaruh Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Memilih Lembaga Pendidikan,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2355–22610, Jul. 2021, doi: 10.31004/EDUKATIF.V3I5.786.

E. Agustian, I. Mutiara, and A. Rozi, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Jambi,” J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 5, no. 2, pp. 257–262, Oct. 2020, doi: 10.33087/JMAS.V5I2.192.

A. Subhan and M. Peratiwi, “Analisis Strategi Pemasaran Produk dengan Metode Analisis Matriks BCG, SWOT dan Benchmarking pada Perusahaan Rubby Hijab,” J. Ind. Serv., vol. 3, no. 1c, pp. 311–316, 2017.

F. R. Yamali and R. N. Putri, “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 4, no. 2, pp. 384–388, Sep. 2020, doi: 10.33087/EKONOMIS.V4I2.179.

N. K. Muliati, “Pengaruh Perekonomian Indonesia di Berbagai Sektor Akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” Widya Akunt. dan Keuang., vol. 2, no. 2, pp. 78–86, Aug. 2020, doi: 10.32795/WIDYAAKUNTANSI.V2I2.874.

D. Sugiri, “Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19,” Fokus Bisnis Media Pengkaj. Manaj. dan Akunt., vol. 19, no. 1, pp. 76–86, 2020, doi: 10.32639/fokusbisnis.v19i1.575.

Y. Sumarni, “Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis,” Al-Intaj J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 6, no. 2, pp. 46–58, Sep. 2020, doi: 10.29300/AIJ.V6I2.3358.

L. Florido-Benítez, “International mobile marketing: a satisfactory concept for companies and users in times of pandemic,” Benchmarking An Int. J., 2021, doi: 10.1108/BIJ-06-2021-0303.

R. Febriansyah, M. Iqbal Fasa, and S. Suharto, “Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 3, no. 3, pp. 396–416, Jul. 2021, doi: 10.47467/ALKHARAJ.V4I1.364.

M. Mirzakhani, E. Parsaamal, and A. Golzar, “Strategy Formulation with SWOT Matrix: A Case Study of an Iranian Company,” Bus. Manag. Res., vol. 6, no. 2, pp. 150–168, 2014.

C. Shri, M. Gupta, and A. Agrawal, “Strategy Formulation for Performance Improvement of Indian Corrugated Industry: An Application of SWOT Analysis and QSPM Matrix,” J. Appl. Packag. Res., vol. 7, no. 3, pp. 60–75, 2015.

H. K. Zia, R. Semiarty, and R. P. Lita, “Analisis Swot Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah Padang,” J. Kesehat. Andalas, vol. 7, no. 4, pp. 6–11, 2018, doi: 10.25077/jka.v7i0.914.

B. Phadermrod, R. M. Crowder, and G. B. Wills, “Importance-Performance Analysis based SWOT analysis,” International Journal of Information Management, vol. 44, pp. 194–203, Feb. 2019, doi: 10.1016/J.IJINFOMGT.2016.03.009.

S. Rezazadeh, A. Jahani, M. Makhdoum, and H. G. Meigooni, “Evaluation of the Strategic Factors of the Management of Protected Areas Using SWOT Analysis—Case Study: Bashgol Protected Area-Qazvin Province,” Open J. Ecol., vol. 07, no. 01, pp. 55–68, 2017, doi: 10.4236/oje.2017.71005.

C. Vlados, “On a correlative and evolutionary SWOT analysis,” J. Strateg. Manag., vol. 12, no. 3, pp. 347–363, Aug. 2019, doi: 10.1108/JSMA-02-2019-0026/FULL/PDF.

L. E. Quezada, E. A. Reinao, P. I. Palominos, and A. M. Oddershede, “Measuring Performance Using SWOT Analysis and Balanced Scorecard,” Procedia Manuf., vol. 39, pp. 786–793, Jan. 2019, doi: 10.1016/J.PROMFG.2020.01.430.

A. F. Az Zahra, W. Wahyudin, and B. Nugraha, “The Implementation of the Strategy of Marketing Management through a SWOT Analysis with the Matrix of IFE, EFE and IE,” J. Serambi Eng., vol. 6, no. 2, pp. 1721–1729, 2021, doi: 10.32672/jse.v6i2.2867.

R. Madurai Elavarasan, S. Afridhis, R. R. Vijayaraghavan, U. Subramaniam, and M. Nurunnabi, “SWOT analysis: A framework for comprehensive evaluation of drivers and barriers for renewable energy development in significant countries,” Energy Reports, vol. 6, pp. 1838–1864, Nov. 2020, doi: 10.1016/J.EGYR.2020.07.007.

K. Zima, E. Plebankiewicz, and D. Wieczorek, “A SWOT Analysis of the Use of BIM Technology in the Polish Construction Industry,” Build. 2020, Vol. 10, Page 16, vol. 10, no. 1, p. 16, Jan. 2020, doi: 10.3390/BUILDINGS10010016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v8i1.14415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by