SLING CUTTING TEKNOLOGI PEMOTONG YANGKO YANG EFEKTIF DAN EFISIEN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS UKM MULYA

M Khoirul Anwar, M Sufyan H, Alvin Subarkah, Ahmad Thoifur R

Abstract


Yangko merupakan makanan atau jajanan khas Yogyakarta. Pada tahapan pemotongan merupakan salah satu tahapan yang cukup memakan waktu cukup lama, yang mana dalam memotong satu loyang adonan yangko diperlukan waktu kurang lebih 1 (satu) jam.Pengoptimalan efektifitas dan efisiensi proses pemotongan yangko dalam hal ini sudah menjadi kebutuhan, dan cara untuk merealisasikan hal tersebut yaitu dengan merancang suatu alat sebagai awal dari usaha merealisasikan kebutuhan. Metode yang digunakan dalam perancangan alat ini adalah dengan pendekatan ergonomi serta mekanika teknik guna dapat menciptakan alat yang nyaman dalam penggunaan serta memberikan kemudahan bagi penggunanya.Alat “Sling Cutting” ini merupakan teknologi pemotongan kue Yangko yang efektif dan efisien untuk meningkatkan produktifitas pada UKM pembuatan kue yangko.


Keywords


yangko, ergonomi, sling cutting, produktifitas

Full Text:

PDF

References


HendrawanY, dkk. 2015. Rancang Bangundan Uji Performansi Alat Pemotong Kentang Bentuk French Fries. Malang : Universitas Brawijaya.

Sutomo. 2004. Kapasitas dan Sudut Pisau Efektif pada Mesin Pengiris Bawang Berpisau Vertikal dengan Putaran Rotor 200 rpm. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hastomo Tri. 2009. Perancangan dan Pembuatan Alat Pemotong Krupuk Rambak dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD).Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahadi.2012. Perancangan Mesin Pemipih dan Pemotong Adonan Mie. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Makaborang M, dkk. 2016. Rancang Bangun Alat Pengiris Buah Pisang Untuk Keripik Tipe Tekan. Kupang: Universitas Kristen Artha Wacana.

Wicaksono AS, dkk. 2014. Rancang Bangun Mesin Hot Embossing Sandal dengan Sistem Elektro Pneumatik. Surabaya: Kerjasama Istitute Teknologi Sepuluh Nopember dengan Institute Keputih Sukolilo.

Hudallah Noor. 2010. Rancang Bangun Sistem Pneumatis Untuk Pengembangan Modul- modul Gerak Otomatis Sebagai Media Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1a.2067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by