INTEGRASI ANALISIS PERFORMANCE-IMPORTANCE DAN HOUSE OF QUALITY DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS DI KAFE TWO STORIES BOGOR

Rudy Vernando Silalahi, Helena J Kristina, Kevin Prathama

Abstract


Two stories kafe merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Untuk dapat memenangkan persaingan, perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar dapat mendapatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan dapat tercapai setelah pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, perusahaan harus meningkatkan kualitas pelayanan karena kualitas memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat. Oleh karena itu dibutuhkannya penelitian lebih lanjut agar dapat memberikan usulan perbaikan kepada perusahaan untuk meningkatkan kualitas di kafe two stories khususnya dalam pelayanan yang ditawarkan. Metode yang digunakan adalah metode service quality (Gap 1), importance performance matrix, dan house of quality. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner kepada konsumen kafe two stories dengan jumlah 126 kuesioner. Dengan menggunakan metode yang digunakan menghasilkan usulan perbaikan yang dapat diberikan oleh perusahaan yaitu memperluas rentang penerimaan posisi sebagai koki, mengadakan ketentuan berkaitan dengan seleksi penerimaan posisi koki, diberikannya pelatihan dan evaluasi secara berkala, melakukan pembagian kuesioner tentang penilaian pelayanan kafe secara konsisten, menetapkan standar pada saat pendinginan bahan baku, dan membuat SOP mengenai penyimpanan bahan baku.


Keywords


Performance Importance Matrix, Service Quality

Full Text:

PDF

References


Andress, Elizabeth L., dan Judy A. Harrison. “How do I Freezing ?” Freezing. 2006. http://nchfp.uga.edu/how/freeze/meat.html (diakses Mei 25, 2017).

Caruana A. “Service Loyalty the Effects of Service Quality and The Mediating Role of Customer Satisfaction.” European Journal of Marketing, 2002: 36.

Itika, Josephat Stephen. Fundamentals of Human Resource Management. Groningen: Ipskamp Drukkers, Enschede , 2011.

J. Coyle-Shapiro, K. Hoque, I. Kessler, A. Pepper, R. Richardson, dan L. Walker. Human Resource Management. London: University of London , 2013.

Kader, Adel, Jim Thompson, Kathi Sylvia, dan Linda Harris. “Storing Fresh Fruits and Vegetables for Better Taste.” UCDavis Postharvest Technology. 2012. http: //postharvest.ucdavis.edu (diakses 5 Mei, 2017).

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1), edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1b.2073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by