EVALUASI PERSEPSI PENGGUNA INTERNAL WEBSITE ITENAS BERDASARKAN WEBQUAL 4.0

Yoanita Yuniati, Oktaviana Oktaviana

Abstract


Website merupakan salah satu sarana yang digunakan perusahaan atau organisasi dalam penyampaian informasi bagi pihak yang berkepentingan. Itenas sebagai salah satu perguruan tinggi swasta juga memiliki website dengan domain www.itenas.ac.id. Website sebuah institusi merupakan sumber informasi yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan civitas kampus, sehingga setiap institusi, termasuk Itenas, perlu melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas website secara berkala. Penentuan atribut prioritas perbaikan perlu dilakukan agar upaya institusi menjadi optimal dalam peningkatan kualitas websitenya. Untuk itu dilakukan evaluasi pengukuran terhadap persepsi tingkat kepuasan dan kepentingan yang didasarkan pada dimensi WebQual 4.0 menggunakan alat ukur kuesioner terhadap responden dosen dan mahasiswa sebagai pengguna internal. Penentuan prioritas atribut yang perlu ditingkatkan didasarkan pada metode Importance Performance Matrix (IPM). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 8 atribut yang harus diperbaiki, dan atribut yang dengan prioritas tertinggi adalah ketepatan waktu informasi, tampilan website, penggambaran website perguruan tinggi teknik dan desain, dan kedetailan informasi. Usulan perbaikan website Itenas antara lain peningkatan kapasitas teknologi, pembaharuan desain website, dan evaluasi jadwal update informasi secara berkala. 


Keywords


Webqual 4.0, Importance Performance Matriks, prioritas peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Barnes, S.J., and Vidgen, R.T.. (2003). “Measuring Web Site Quality Improvements: A Case Study Of The Forum On Strategic Management Knowledge Exchange”. Journal of Electronic Commerce in Organizations.

Fajar, Ryan. (2016). Usulan Perbaikan Kualitas Layanan E-Commerce Iwearzule Berdasarkan Dimensi E-Servqual Dengan Menggunakan Importance Performance Matrix dan Potential Gain Customer Value, Tugas Akhir Strata I, Institut Teknologi Nasional, Bandung.

Hom, Willard C. (1997). Make Customer Service Analysis A Little Easier With The PGCV Indeks, Quality Progress Journal. 89-93.

Kotler, Philip. (2003). Marketing Management, 11th Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Martilla, J., and James. (1977). “Importance- Performance Analysis”. Journal of Marketing, No. 1 Vol.41.

Syaifullah, dan Soemantri, D.O. (2016). “Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV Zambrud Multimedia Network)”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 2, No. 1.

Yuhefizar, Mooduto, H.A., dan Hidayat, R. (2009). Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla, Elex Media Komputindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1b.2088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by