HUMAN RESOURCES SCORECARD PADA PT. ABC

Nuraida Wahyuni, Chyntia Nurdia Wati

Abstract


PT. ABC merupakan unit penunjang kegiatan operasional Perusahaan DEF (Persero) dalam bidang penyediaan air bersih. Sistem pengukuran kinerja yang dilakukan PT. ABC merupakan pengukuran kinerja perusahaan berdasarkan Balanced Scorecard dari BUMN. Untuk meningkatkan kinerja perusahan pada penelitian ini akan mengembangkan pengukuran kinerja Balanced Scorecard yang berfokus kepada sumber daya manusia, yaitu merancang sistem pengukuran kinerja sumber daya manusia dengan pendekatan Human Resources Scorecard yang terdiri dari 4 perspektif, yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan tumbuh. Dengan menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP), dari empat perspektif dalam tersebut kemudian diurutkan untuk menentukan nilai bobot dan didapatkan peringkat prioritas perspektif berdasarkan bobot berturut-turut adalah perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan bobot 0,28, perspektif keuangan dengan bobot 0,258, perspektif karyawan dengan bobot 0,244 dan perspektif proses bisnis internal dengan bobot 0,218.


Keywords


Pengukuran Kinerja, Human Resources Scorecard, Perspektif, dan Analytic Hierarchy Process (AHP)

Full Text:

PDF

References


Aryani, Anindya Nur. 2008. Perancangan Sistem Departemen Pendekatan Pengukuran Personalia Human Kinerja Melalui Resources Scorecard pada PT. Unitex, Tbk. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Bakrie, Anindya, N, dkk. 2013. HR Scorecard. Human Capital Journal (hlm.10-19). No.26. Tahun ke-3. Jakarta: PT.

Menara Kadin Indonesia.

Dumitrana, Mihaela, dkk. 2011. “Effective and Efficient Tools in Human Resources Management Control”. Petroleum-Gas University of Ploiesti Bulletin. Vol. LXIII. No. 3. pp. 59 – 66.

Gammahendra, Fianda, dkk. 2014. Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi. Malang: Universitas Brawijaya.

Harnanda, dkk. 2013. Analisis Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Human Resources Scorecard (Studi Kasus Di Pt. Erindo Mandiri, Pasuruan). Malang: Universitas Brawijaya.

Mambo, Rully, 2013. Pengaruh Human Relations Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Manado: Administrasi Negara Fisip Unsrat.

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution, Harmein. 2008. Proses Pengelolaan Simber Daya Manusia. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Nasution, Siska. M. 20010. Pengaruh Kesejahteraan Karyawan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Pangansari Utama Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Pramadhany, 2011. Penerapan Metode Balanced Scorecards Sebagai Tolok Ukur Kinerja Pada Organisasi Nirlaba. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Purnama, Reynard, dkk. 2013. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Pendekatan Human Resource Scorecard. Malang: Universitas Brawijaya.

Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Ketiga. Yogyakarta: STIE YKPN.

Tahrir, Rusdin. 2013. Keterikatan karyawan dan kontribusinya dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: Universitas Padjajaran.

Wibowo. 2009. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yulianeu. 2013. Pemodelan Metode Human Resources Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Kantor Pusat PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Semarang: Universitas Pandanaran Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1c.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by