ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA RUBY HIJAB

Yuni Sri Wahyuni, Bramantiyo Eko Putro

Abstract


Ruby Hijab merupakan suatu perusahaan yang bergerak di dalam industri pembuatan kerudung, produk yang di hasilkan beraneka ragam sesuai dengan permintaan konsumen. Kerudung yang di hasilkan sudah tersebar di wilayah Indonesia namun perusahaan ini hanya membuat kerudung sesuai dengan pesanan saja atau make to order tanpa membuat stok karena setiap pesanan yang berbeda-beda. Keunggulan kompetitif Ruby Hijab adalah dalam proses produksinya mempunyai jaitan, neci dan bahan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen dibanding dengan yang lain. Studi kelayakan pabrik adalah penelitian tentang dapat tidaknya suatu bisnis dilaksanakan dengan berhasil dengan pertimbangan mendapatkan manfaat finansial. Atau dengan pengertian yang lain, studi kelayakan bisnis adalah penelitian tentang berhasil tidaknya proyek investasi yang dilaksanakan. Studi kelayakan pabrik sangat diperlukan oleh banyak kalangan, terutama bagi investor selaku pemerakarsa bisnis. Hal ini juga yang harus diperhatikan pemilik perusahaan sekaligus investor, dalam usahanya diperlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu karena di dalam studi kelayakan terdapat aspek yang harus di kaji yaitu aspek finansial dan aspek non finansial. Dari hasil perhitungan yang dilakukan nilain NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 810.388.806,16. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai IRR (Internal Rate of Return) yang diperoleh sebesar 57%, Kriteria investasi ini memiliki nilai yang lebih besar dari cost of capital yang telah ditentukan sebesar 19,25% (IRR>DR), dan nilai yang didapat menunjukan bahwa seluruh investasi dapat dikembalikan dalam jangka waktu 1 bulan 16 hari, jangka waktu yang didapat lebih cepat dibandingkan dengan umur usaha. Dengan demikian pengembangan usaha kerudung layak untuk dilanjutkan. 


Keywords


Kelayakan Usaha, IRR, NPV, Payback Period

Full Text:

PDF

References


Badan pusat statistik. (2014). Penduduk 15 Tahun ke Atas yang Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama http://www.bps.go.id di akses tanggal 25 April 2016.

H. Abd. Azis. Sangkala, (2006). Analisis Kinerja. Keuangan Berdasarkan. Rasio. Profitabilitas Pada. Perusahaan Pabrik Roti. Tony Bakery Pare-Pare.

Hanafi, M. Mamduh dan Abdul Halim. (2009). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Harahap, Sofyan Syafri. (2004). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Harahap, Sofyan Syafri. (2008). Teori Akuntansi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Helfert . 1997. Tehnik Analisis Keuangan. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Husnan S, Muhammad S. (2000). Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Husnan S, Pudjiastuti E. (2006). Dasar-dasar manajemen keuangan. Ed ke-5. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2010). Standar Akuntansi Keuangan, Buku Satu Jakarta: Salemba Empat.

Junita, Silvi (2013) Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Analisa Rasio Keuangan pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. STIE MDP.

Kasmir. (2008). Analisis Laporan Keuangan. Ed Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.2014. Pedoman Klasifikasi Koperasi dan UKM. : http://www.depkop.go.id/.

Mulyadi. (2007). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan, Edisi 4, Liberty, Yogyakarta

Nurcahyo, Dwi Febry. (2011). Studi Kelayakan Bisnis di Depok, Jawa Barat. Laporan Penelitian Tugas Akhir [Skripsi], Universitas Indonesia. Digital_20280270-S606-Analisis kelayakan

Rina Andrian (2014). Analisis Kelayakan Usaha.Penelitian Kerja Praktek, Universitas Suryakancan cianjur

Rubianti Nana. (2013). Analisa Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada PT.Admiral Lines Cabang Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji – Tidak Diterbitkan.

Sawir, A. (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia PUstaka Utama.

Soemarso, S.R. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi 5. Salemba Empat, Jakarta.

Umar, Husein. (2005). Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif., Ed ke-3 Revisi. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama).

Warsono.(2002).manajemen keuangan perusahaan. Edisi Kedua. UMM




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1c.2110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by