ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DENGAN METODE ANALISIS MATRIK BCG, SWOT DAN BENCHMARKING PADA PERUSAHAAN RUBBY HIJAB

Ali Subhan, Mega Peratiwi

Abstract


Rubby Hijab merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur yang memproduksi kerudung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dan berdaya saing dengan mengindentifikasi dan menilai faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Metoda yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis matrik BCG (Boston Consulting Group), analisis SWOT dan Benchmarking. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pertumbuhan pasar sebesar 13% dan pangsa pasar relatif sebesar 0,34 yang menunjukan perusahaan berada pada posisi question mark. Berdasarkan analisis SWOT dihasilkan beberapa alternatif strategi antara lain memperluas pangsa pasar, meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, meningkatkan kualitas produk, memperbaiki sistem manajemen, memperkuat permodalan melalui kerjasama dengan perbankan, menetapkan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan, meningkatkan teknologi, dan meningkatkan kreatifitas sumber daya manusia. Berdasarkan hasil analisis Benchmarking menunjukan bahwa kerudung merk Rubby Hijab memiliki keunggulan dari sektor harga dan kualitas produk. 


Keywords


Strategi Pemasaran, Matrik BCG, Analisis SWOT, Benchmarking

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2001). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi): Depok-Jawa Barat: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas

Indonesia.

Boyd, Walker, & Larreche. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Enriko Akbar. (2014). Naskah Publikasi Strategi Pemasaran Sarina Hotchocolate Dengan Metode SWOT dan Benchmarking.Teknik Industri, Fakultas Teknik : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fahmi, Mirza. (2013). Jurnal Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika “Bergendaal Koffie” di Kabupaten Bener Meriah. Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian: Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Gitosudarmo, Indrito. (2001). Manajemen Strategis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kotler, Philip. (1985). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat, Printice Hall, Edisi Indonesia.

. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium. Jakarta : PT. Prehalindo.

. (2005). Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip, & Armstrong, Gary. (2008). Prinsip- prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, Lukiastuti Fitri, dan Muliawan, Hamdani. 2008. Manajemen Strategik dalam Organisasi. Yogyakarta: MedPress.

Munadi, Fandi Ahmad. (2009). Jurnal Analisis Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Penjualan Kendaraan Bermotor Pada CV Turangga Mas Motor. Ekonomi Manajemen: Universitas Gunadarma.

Noviar, Miswar Adi. (2012). Jurnal Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode BCG (Boston Consulting Group) Pada CV. Agung Rejeki Firniture. Fakultas Teknik Industri:

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pearce II, John A; dan Richard Jr, Robinson. (2008). Manajemen Strategis 10. Jakarta : Salemba Empat.

Rahmat, Reny Maulida. (2012). Jurnal Analisis Strategi Pemasaran Pada PT Koko Jaya Prima Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Hasanuddin.

Rangkuti, Freddy. (2008). Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Salusu, J. (2000). Pengambilan Keputusan Stratgik. Jakarta: Gramedia.

Stanton, William J. (1993). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto, Erlangga. Sutojo, Siswanto ; dan F. Kleinsteuber. (2002).

Suwarsono. (1996). Manajemen Strategik: Konsep dan Kasus, Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Swastha, Basu. (1985). Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Watson, Greogory H. (1993). Strategic Brenchmarking. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Yumanda, Syahreza. (2009). Jurnal Strategi Pemasaran Kripik Singkong Industri Rumah Tangga Cap Kelinci di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Medan. Departemen Sosial Ekonomi Pertanian: Fakulatas Pertanina, Universitas Sumatera Utara, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1c.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by