KNOWLEDGE CONVERSION PADA BEBAN KERJA DOSEN BIDANG PENDIDIKAN DAN PENUNJANG BERDASARKAN JABATAN STRUKTURAL

Putri Sriwijayanti, Luciana Andrawina, Litasari Suwarsono

Abstract


Permasalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah pemberian beban kerja dosen masih belum dilaksanakan secara merata, terutama kepada dosen yang memegang jabatan struktural dengan dugaan disebabkan oleh kurang terkelolanya knowledge pada objek studi kasus. Metode yang digunakan pada penelitian adalah knowledge conversion 5C untuk mengubah data menjadi informasi dan knowledge conversion 4C untuk mengubah informasi menjadi knowledge. Hasil penelitian menunjukkan penurunan kontrak manajemen fakultas saat ini belum disesuaikan dengan status jabatan struktural dan status keaktifan dosen sehingga terjadi selisih pemenuhan BKD dosen dengan jabatan struktural lebih besar daripada non struktural sebesar 6.49 SKS, ketimpangan realisasi target antara KK yang memiliki jumlah dosen aktif lebih sedikit dibandingkan dengan KK yang memiliki jumlah dosen aktif lebih banyak, dan selisih sebesar 2.46 SKS juga terjadi ketika perhitungan BKD menggunakan rubrikasi Universitas dibandingkan dengan rubrikasi DIKTI. Diketahui pula munculnya kebutuhan terhadap dosen tambahan sebanyak 11 orang dengan JFA minimum Asisten Ahli untuk memenuhi kebutuhan pembimbing 1 tugas akhir dalam rangka mencapai tingkat kelulusan lebih tinggi dari sebelumnya.


Keywords


manajemen pengetahuan; 5C; 4C; SECI; beban kerja dosen; kontrak manajemen

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i2.3183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by