PERANCANGAN SOP MONITORING DAN EVALUASI PERKULIAHAN SESUAI ISO 9001:2015 (KLAUSUL 9.1.1 DAN 9.1.3) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RISIKO DI UNIVERSITAS TELKOM

Anggun Kertadela Puspitasari, Sri Widaningrum, Heriyono Lalu

Abstract


Perguruan Tinggi sebagai lembaga yang melakukan kegiatan pendidikan dituntut untuk mencetak lulusan berkualitas agar mampu bersaing secara nasional maupun internasional. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan standar mutu untuk menjaga konsistensi kualitas pendidikannya. Universitas Telkom memiliki kebutuhan untuk menetapkan standar mutunya dengan standar mutu internasional, yaitu ISO 9001:2015. Namun, ISO 9001:2015 memiliki persyaratan yang berbeda dari ISO 9001:2008, yaitu adanya penerapan risk-based thinking dalam perancangan standarnya. Pada penelitian ini diam     bil kasus penentuan dan penanganan risiko pada proses monitoring dan evaluasi perkuliahan dengan menggunakan metode risk assessment. Tujuan melakukan risk-based thinking agar organisasi menangani risiko dan peluang isu atau pengaruh yang tidak diinginkan pada proses monitoring dan evaluasi perkuliahan serta meningkatkan pengaruh yang diinginkan agar dapat menentukan tindakan yang tepat untuk mencegah serta menanganinya. Maka untuk memenuhi standar ISO 9001:2015, Universitas Telkom perlu melakukan pertimbangan risiko agar adanya peningkatan pada kualitas sistem yang berjalan dan terciptanya konsistensi mutu pendidikan. Output akhir penelitian ini adalah sebuah risk register dan SOP usulan yang memenuhi ISO 9001:2015 klausul 9.1.1 dan 9.1.3 dengan mempertimbangkan risiko

Keywords


ISO 9001:2015; Monitoring; Evaluasi; Analisis gap; Risk register

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i2.3186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by