SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) MODEL DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MENDUKUNG GREEN PROCUREMENT PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT

Arditya Nur Waaly, Ari Yanuar Ridwan, Mohammad Deni Akbar

Abstract


Pada saat ini kesadaran manusia akan kondisi lingkungan semakin meningkat, selain meningkatnya kesadaran akan lingkungan terdapat perundang-undangan yang mengatur yaitu UU No.3 Tahun 2014 pasal 30. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kondisi lingkugan maka akan berdampak pada produk yang dipasarkan oleh perusahaan, hal ini mengharuskan perusahaan untuk menerapkan konsep lingkungan padaSupply Chain perusahaan. Green Supply Chain Management adalah menggabungkan faktor lingkungan dengan rantai pasok mulai dari design produk, raw material, proses produk, proses pembuatan, pengiriman kepada costumer, dan end of life produk. Salah satu proses tercapainya green supply chain adalah proses Procurement atau Supplier, agar terlaksananya green supply chain adalah dibuatnya Key Performance Index (KPI) berbasisgreen dengan memperhatikan green objective yang ditentukan. KPI bertujuan untuk menerapkan target kinerja dan penilaian kinerja yang dimana informasi dapat digunakan sebagai bahan pengontrolan kinerja. Penelitian ini menggunakan model SCOR (Supply Chain Operation Reference) untuk mencari KPI terpilih, diperlukan pemetaan proses bisnis pada perusahaan yaitu bagian pengadaan dengan menggunakan metode SCOR. Metode SCOR mengharuskan mengidentifikasi level 1 perusahaan yaitu tujuan perushaan yang dimana pada penelitian ini yaitu capaian aspek lingkungan pada supply chain dan proses utama terdapat 5 proses utama yaiut plan, source, make, deliver, dan return. Level 2 yaitu identifikasi proses aktivitas pada bagian procurement, dan level 3 yaitu mengidentifikasi atribut tiap proses pada level 2 dan KPI berbasis Green dari tiap attribut. Setelah didapatkannya Atribut dan KPI dilakukan pembobotan dengan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mencari atribut dan KPI dengan bobot Green tertinggi. Hasil yang didapatkan adalah terdapat 18 KPI yang dapat digunakan dalam pengukuran kinerja Procurement berbasis Green. Dengan adana KPI membantu perusahaan dalam menerapkan dan menilai kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan Green.


Keywords


Green Supply Chain Management (GSCM); SCOR (Supply Chain Operation Reference); KPI (Key Performance Index); AHP; Procurement

Full Text:

PDF

References


Supply Chain Council : Supply Chain Operation Reference Model Revision 11.0. 2012

Bai.Chunguang, Sarkish. Joseph : Determining and applying sustainable supplier key performance indicators, 2016

Implementing the SCOR Model Best Practices for Supply Chain Improvement in Developing Countries. Fasika Bete Georgise1, 2, 3, Klaus- Dieter Thoben2 and Marcus Seifert2. 2013

Bolstorff dan Rosenbaum. : Supply Chain Excellence a Handbook for Dramatic Improvement Using the SCOR Model, 2003

KennethW.Green:GreenSupplyChainManagement Practices : Impact on Performance, 2012

Srivastava. Samir K : Green Supply Chain Management : A state of the art Literature Review, 2007

Natali Christine, Astuario Robertus :Penerapan model green SCOR untuk pengukuran kinerja Green supply Chain. 2015

Setyaningsi, Ngatawi Ira : Analisis pemilihan supplier menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP). 2011

REH.F.J:KeuPerformanceIndicators(KPI),2004

Wigaringtyas, L.D : Pengukuran kinerja supply chain management dengan pendfekatan supply chain

operation reference (SCOR), 2013

Lambert Douglas M. : Supply Chain Management :

Implementation Issues and Research Opportunities,

Saaty, Thomas L. : Decision Making for Leaders

The Analytical Hierarchy Process for Decisions

in Complex World.1993

Ridwan, A.Y : Designing a Multidimensional Data

Warehouse For Procurement Process Analysis Using Business Dimensional Lifecycle Method (Case Study PT.ABC). 2015

Ashby, A., Leat, M. and Hudson-Smith, M., “Making connections: a review of supply chain management and sustainability literature”, Supply Chain Management: An International Journal, Vol. 17 No. 5, pp. 497-516. (2012)

Zhu, Q., Dou, Y. and Sarkis, J. (2010), “A portfolio-based analysis for green supplier management using the analytical network process”, Supply Chain Management: An International Journal, Vol. 15 No. 4, pp. 306- 319.

Bai, C. and Sarkis, J. (2010), “Integrating sustainability into supplier selection with grey system and rough set methodologies”, International Journal of Production Economics, Vol. 124 No. 1, pp. 252-264.

Huan, S.H., Sheoran, S.K. and Wang, G. (2004), “A review and analysis of supply chain operations reference (SCOR) model”, Supply Chain Management: An International Journal, Vol. 9 No. 1, pp. 23-29.

Hendra Saputra, Prima Fithri : Perancangan Model Pengukuran Kinerja Green Supply Chain Pulp dan Kertas. 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by