PENGGUNAAN PETA KENDALI MULTIVARIAT, FUZZY AHP DAN PERANCANGAN EKSPERIMEN DALAM MENGENDALIKAN DAN MEMPERBAIKI MUTU PROSES PRODUKSI PELAT TIMAH PT NLA

Asep Ridwan, Putro Ferro Ferdinant, Chyntia Devi Octaviany

Abstract


PT NLA merupakan perusahaan yang bergerak dalam memproduksi pelat timah ternama di Indonesia. PT NLA berusaha memproduksi pelat timah yang bermutu sesuai dengan permintaan pelanggan. Beberapa karakteristik mutu dalam memproduksi pelat timah, yaitu : berat coating, berat alloy, dan beratchrome. Penelitian ini bertujuan mengendalikan mutu produk pelat timah dengan menggunakan peta kendali multivariat T2 Hotelling dan merancang perbaikan dengan perancangan eksperimen. Penelitian dimulai dengan mengukur kestabilan proses menggunakan peta kendali multivariat T2 Hotelling. Kemudian data yang tidak terkendali dicari akar penyebabnya dengan Diagram Fishbone dan dilakukan pembobotan penyebab terbesar dengan fuzzy AHP. Rancangan perbaikan untuk mencari nilai yang optimal dengan perancangan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi pelat timah PT NLA belum terkendali sehingga perlu dilakukan metode dekomposisi untuk mengetahui karakteristik mutu penyebab proses produksi tidak terkendali. Faktor – faktor penyebab dominan yang dihasilkan adalah kurang pengontrolan kecepatan, setting arus belum terintegrasi semua dan regenerasi pH air masih manual dengan bobot sebesar 0.156. Hasil dari perancangan eksperimen menghasilkan kondisi optimal dalam proses produksi pelat timah dengan kecepatan mesin sebesar 275 m/s, pH airdemineralized sebesar 4, dan arus listrik sebesar 500 A. Peta kendali multivariat dan perancangan eksperimen dapat mengendalikan dan memperbaiki mutu proses produksi suatu produk.


Keywords


Peta kendali Multivariat T2 Hotelling; Perancangan Eksperimen; Fuzzy AHP; Dekomposisi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Muhammad Hilman Rizki, dkk. (2015). Penerapan Diagram Kontrol Multivariat T2 Hotelling pada Proses Produksi Kaca. Semarang. Jurrnal Gaussian. Vol.4 No. 3.

Annisa, Rossi. (2016). Identifikasi Penyebab Potensial Stopline Electrolytic Tinning Line Menggunakan Multi Attribute Failure Mode Analysis Skripsi. Cilegon: Untirta.

Costa, Mafalda, dkk. 2015 Application of Hotelling’s T2 Charts in Monitoring Quality Parameters in a Drinking Water Supply System. Portugal. AIP Publishing.

Fitriyana, Fina. dkk., 2015. Pengendalian Kualitas pada Produk Baja CQ2MP dengan Peta Kendali Multivariat T2 Hotelling pada Divisi Cold Rolling Mill (CRM) PT. XYZ. Skripsi. Cilegon: Untirta.

Ilham, Muhammad Nur. (2012). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) Pada PT. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Montgomery, Douglas C. (1995). Pengantar

Pengendalian Proses Statistik (Edisi Ke-3),

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kristiyanto, Raka, dkk. 2015. Analisis Risiko Operasional Pada Proses Produksi Gula Dengan Menggunakan Metode Multi-Attribute Failure Mode Analysis (Mafma) (Studi Kasus : Pg. Kebon Agung Malang). Malang. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol. 3 No. 3.

Nadiah, Zazilatun. (2013). Analisis Pengendalian Mutu SQC (Statistical Quality Control) pada PT. Eastern Pearl Flour Mills Makassar: Universitas Hasanuddin.

Lestari, Puji. (2016). Usulan Kadar Karbon dan Pengendalian Kualitas dengan Diagram Kontrol T2 Hotelling Pada Kualitas Produk Baja BJTP 32 (Studi Kasus PT. XYZ). Skripsi. Cilegon: Untirta.

Ridwan, A., Ferdinant, P. F., dan Aldiandru, R. (2018). Perancangan Perbaikan Lean Six Sigma dalam Proses Produksi Baja Tulangan dengan Integrasi Value Stream Mapping dan Design of Experiment.

Sandi, Sandria. Ulfah, Maria dan Ferdinant, Putro Ferro. (2017). Usulan Perbaikan Kualitas Produk Pipa Baja Las Spiral Menggunaka Metode Six Sigma Berdasarkan Design of Experiment (DOE) di PT XYZ. Jurnal Teknik Industri. Vol 5 No 1.

Sudjana, S.H. (1994). Desain dan Analisa Eksperimen (Edisi 3). Bandung. Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by