Penjadwalan Produksi Dengan Menggunakan Algoritma Heuristic Pour Pada PT Red Basket Indonesia

Kentaro Suryo Prawiro, Ririn Regiana Dwi Satya, Fitri Senny Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil makespan dari metode algoritma heuristic pour dan penjadwalan produksi yang optimal pada PT Red Basket Indonesia. Metode penelitian menggunakan algoritma heuristic pour. Penjadwalan diartikan sebuah proses penempatan sumber daya untuk memperlihatkan sekumpulan pekerjaan pada jangka waktu yang telah ditetapkan. Pesanan yang mendapatkan tugas pertama dengan sumber daya tertentu (fasilitas, pekerja dan peralatan) adalah pesanan yang aktual, kemudian pada setiap proses dilakukan pengurutan sehingga mendapatkan hasil utilisasi kapasitas yang optimal. Dalam penjadwalan ini, permintaan pada produk tertentu berdasarkan dari MPS maka ditugaskan pada pusat pemprosesan tertentu untuk periode harian. Dalam algoritma ini beranggapan bahwa semua job dikerjakan secara berbeda dan sendiri untuk setiap mesinnya. Penjadwalan produksi berfungsi untuk membuat agar arus produksi dapat berjalan lancar sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Data yang diambil adalah jadwal induk produksi dari bulan Januari sampai Maret 2019 dan waktu siklus proses produksinya.. Dari perhitungan algoritma heuristic pour didapatkan hasil untuk bulan Januari sebesar 7020 menit dengan urutan job yaitu job 3 (shelftrip) – job 2 (Shelpartition) – job 1 (Transmart) , untuk bulan Februari sebesar 6271 menit dengan urutan job yaitu job 3 (Shelpartition) – job 1 (Transmart) – job 2 (shelftrip), dan untuk bulan Maret sebesar 7275 menit dengan urutan job yaitu job 1 (Shelpartition) – job 3 (shelftrip) – job 2 (Transmart). Dengan melihat hasil dari performa metode algoritma heuristic pour yang dapat mengurangi waktu keterlambatan sebesar 33% dari waktu sebelumnya. Maka dapat disimpulkan bahwa metode algoritma heuristic pour dapat digunakan pada penjadwalan produksi di PT Red Basket Indonesia agar mengurangi waktu keterlambatan.


Keywords


Penjadwalan Produksi, Algoritma, Heuristic Pour

Full Text:

PDF

References


Rizki Wahyuniardi; Adhiya Kandiana, “Pengendalian Bahan Baku Produk Lampu Penerangan Jalan Umum (Pju) Pada Produk New Square Series Sl 0304 M Menggunakan Material Requirement Planning (Mrp) (Studi Kasus Di Pt. X),” J. Ind. Serv., vol. Vol. 3 No., pp. 53–58, 2017.

Yusraini Muharni, “Model Prediksi Production Delay Dalam Proses Produksi Strip Mill Dengan Metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System,” J. Ind. Serv., vol. Vol. 3 No., pp. 140–144, 2018.

M. L. Pinedo, Scheduling: theory, algorithms, and systems: Springer Science & Business Media. 2012.

M. L. Pinedo, Scheduling : Theory, Algorithms, and System, 2nd ed. New Jersey: Prantice Hall, 2002.

R. Ginting, Penjadwalan Mesin. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

M. . Krajewski, L.J., Ritzman, L.P, Malhotra,

Operations Management Processes and Processes and Supply Chains", 9th ed. United States: Prentice, 2010.

D. A. U. Kulsum, “Usulan Perencanaan Penjadwalan Produksi Di Pt X,” J. Ind. Serv., vol. Vol. 4 No., pp. 7–13, 2018.

S. Arya, H, Optimasi Common Due Date pada Kasus General Flow Shop Single Machine Se- quences Independent Setup Time dengan Algoritma Genetik. Skripsi: Universitas Islam Indonesia, Yog-yakarta., 2004.

F. A. Kulsum, Evi Febianti, “Penjadwalan Produksi Menggunakan Metode Jadwal Aktif Di Pt. Xyz,” J. Ind. Serv., vol. Vol. 5 No., pp. 199–206, 2020.

N. N. S. Muharni, Yusraini, Evi Febianti ti, “Minimasi Makespan Pada Penjadwalan Flow Shop Mesin Paralel Produk Steel Bridge B-60 Menggunakan Metode Longest Processing Time Dan Particle Swarm Optimization,” J. Ind. Serv., vol. Vol. 4 No., pp. 68–75, 2019.

U. S. Harto, A. K. Garside and D. M, “Penjadwalan produksi menggunakan algoritma jadwal non delay untuk meminimalkan makespan studi kasus di cv. Bima mebel,” Spektrum Ind., vol. 14, 2016.

E. Farouq, Simulasi Aturan Johnson Untuk Penjadwalan Produksi Flowshop di Perusahaan Furniture. Malang: Jurusan Ilmu Komputer Program Studi Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, 2013.

M. Pinedo, “Services, Planning and scheduling in manufacturing and System,” Springer, vol. 24, 2005

M. L. Pinedo, Scheduling : Theory, Algorithms, and

System, 3rd ed. New Jersey: Prantice Hall, 2008.

M. J. R. Schroeder, Roger G, Susan Meyer Goldstein, Operations Management Contemporary Concepts and Cases, 5th ed. New York: Mc Graw- Hill Companies, Inc, 2011.

Baker, Kenneth R, Principles of Sequencing And Schedulin. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2009.

Cormen, T. H. Dkk, Introduction To Algorithms. London: The MIT, 2009.

A. L. Irsyad, Penjadwaln Flow Shop N Job M Mesin Dengan Metode First Come First Served (FCFS), Earliest Due Date (EDD),Dan Algoritma Heuristik Pour. Skripsi: Negeri, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

H. Pour, “A new Heuristic for n-Job m-Machine Flowshop Problem, Production Planning Control,” vol. 12 NO 7, pp. 648–653, 2010.

Rizal Rachman, “Penjadwalan Produksi Garment Menggunakan Algoritma Heuristic Pour,” J. Inform., vol. Vol.5 No.1, pp. 81–89, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v6i1.9466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by