Analisis Perancangan dan Pembuatan Cetakan Rengginang untuk Mempermudah Pencetakan dan Memaksimalkan Bentuk Rengginang (Studi Kasus: Dusun Ponggang)

Reflianto Iskandar, Enny Widawati, Stephanus Ivan Goenawan

Abstract


Penggunaan cetakan konvensional yang merupakan proses pencetakan yang sudah digunakan sangat lama turun temurun di desa ponggang, namun proses pencetakan tersebut menimbulkan beberapa masalah seperti jari - jari terasa pegal jika sudah melakukan proses produksi yang lama, serta hasil dari ketan yang sudah dibentuk untuk menjadi rengginang tidak menghasilkan bentuk yang bagus dan menarik, selain itu juga penggunaan pencetakan rengginang pada saat ini tidaklah efisien. Oleh karena itu perlu dibutuhkan rancangan keteknikan untuk meningkatkan efisiensinya. Rancangan cetakan rengginang ini merupakan salah satu inovasi pencetakan rengginang yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Cetakan rengginang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pencetakan ketan yang sudah matang, kombinasi dengan jumlah cetakan yang digunakan serta kemudahan pengaplikasian pada saat ingin melakukan pencetakan rengginang. Prinsip kerja dari cetakan rengginang ini adalah dengan memasukan ketan yang sudah matang kedalam lubang cetakan yang sudah berada di atas meja cetakan. Ketika ketan yang sudah matang dimasukan kedalam lubang cetaka, alat press pencetakan di lakukan penekanan, lalu di dorong kedepan dan ditekan menggunakan alat press pendorong hingga ketan matang yang dicetak terjatuh ke alas nampan. Sehingga ketan yang dihasilkan berbentuk mendekati bulat. Pada hasil uji coba yang telah dilakukan ternyata waktu yang dibutuhkan untuk mencetak ketan menggunakan cetakan rengginang ini jauh lebih efisien dibandingkat dengan pencetakan rengginang dengan cara konvensional dimana tingkat efisiensi yang dihasilkan sebesar 82.8%. Hasil ini dapat diperoleh karena proses pencetakan menjadi lebih mudah sehingga membuat proses pencetakan menjadi jauh lebih cepat di bandingkan pencentakan konvensional.


Keywords


Efisiensi, Cetakan, Rengginang

Full Text:

PDF

References


Bridger, R. S. Introduction to Ergonomics: Second Edition. New York: Taylor and Francis, 2003.

Calvin, Aliben. Aplikasi QFD untuk Pengembangan Produk Wafer. Jurnal teknik dan Ilmu Komputer. Vol 02 No.07 September 2013.

Colen, L. Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You. New York: Addison-Wesley Publishing Company, 1995.

Gupta, Rupesh., et al. Analysis & Designing an Engineering Course Using QFD. Modern Engineering Research. Vol 12. Issue 03.2012.

Indra, Akmal. Pengembangan Desain Produk dengen Metode QFD Studi Kasus Desain Peralatan Pembuatan Adonan Roti untuk Usaha Skala Kecil. Proceeding Seminar Nasional TahunanTeknik Mesin . 8 Oktober 2015.

Kreith,f. Prinsip-Prinsip Perpindahan Panas. Erlangga Jakarta, 1991.

Triwitono, Priyanto. https://tphp.ugm.ac.id/2012/ 01/25/dosen-ftp-kembangkan-alat-cetak-rengginan g/ , diakses tanggal 16 Mei 2019.

Ulrich, K.T & Eppinger, S.D. Perancangan dan Pengembangan Produk. Jakarta: Salemba Teknika, 2003.

Winarno, F, G., S, Fardiaz., dan D, Fardiaz., Pengantar Teknologi Pangan. Gramedia, 1980.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v6i1.9471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by