PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TEPUNG KEMASAN 20 KG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus pada PT. XYZ)

Achmad Bahauddin, Vicky Arya

Abstract


Saat ini, berbagai perusahaan industri sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam bidang makanan. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus memiliki keunggulan dan daya saing dari pesaingnya yang memproduksi produk yang sama dengan produk yang dihasilkan. Salah satu daya saing yang dapat dijalankan oleh perusahaan adalah dengan melalukan pengendalian kualitas produk menggunakan metode sixsigma. Secara sederhana six sigma (6𝜎) dapat diterjemahkan sebagai suatu proses yang mempunyai kemungkinan cacat (defect opportunity) sebanyak 3,4 buah dalam satu juta produk (atau jasa). Dari hasil penelitian diperoleh nilai DPMO pada tahap measure yaitu sebesar 546,60 dan tingkat sigma sebesar 4,77 sigma, yang berarti industri pada perusahaan ini merupakan industri rata-rata USA. Hasil kapabilitas proses yaitu sebesar 99,78% yang berarti sejumlah produk yang diproduksi PT. XYZ mampu menghasilkan produk baik atau yang memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan sebesar 99,78%.


Keywords


Pengendalian Kualitas, DMAIC, Six Sigma

Full Text:

PDF

References


C. Christoper and H. Suliantoro, “Analisa Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Six Sigma untuk Part NXS-001 pada PT Inti Pantja Press Industri,” Ind. Eng. Online J., vol. 4, no. 4, 2015.

V. Gaspersz, “Pedoman implementasi program six sigma terintegrasi dengan ISO 9001: 2000, MBNQA, dan HACCP,” PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.

A. Nurullah, L. Fitria, and H. Adianto, “Perbaikan kualitas benang 20S dengan menggunakan penerapan metode six sigma-DMAIC di PT. Supratex,” REKA Integr., vol. 2, no. 1, 2014.

A. Muhaemin, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode SIX Sigma pada Harian Tribun Timur.”

S. Partuti, S. K. Anggraeni, and A. Bahauddin, “Rancangan Perbaikan Kualitas Layanan Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUD Cilegon dengan Pengintegrasian Metode Servqual, Lean, Six Sigma,” J. Tek. Ind. Untirta, vol. 2, no. 1, 2014.

R. Kaban, “Pengendalian Kualitas Kemasan Plastik Pouch Menggunakan Statistical Procces Control (SPC) di PT Incasi Raya Padang,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 13, no. 1, pp. 518–547, 2014.

H. Kartika, “Analisis pengendalian kualitas produk CPE film dengan metode statistical process control pada PT. MSI,” 2013.

R. Y. Hanif, H. S. Rukmi, and S. Susanty, “Perbaikan kualitas produk keraton luxury di PT. X dengan menggunakan metode failure mode and effect analysis (FMEA) dan FAULT TREE ANALYSIS (FTA),” Reka Integr., vol. 3, no. 3, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v6i1.9480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by