Penyelesaian assignment problem dengan algoritma metaheuristik ant colony optimization (ACO)

Herry Kartika Gandhi, Widyawati Widyawati

Abstract


Assignment Problem merupakan masalah penugasan yang menyangkut penempatan para pekerja pada bidang yang tersedia agar biaya yang ditanggung dapat diminimumkan, dimana jumlah pasokan pada setiap sumber dan jumlah permintaan pada setiap tujuan adalah satu (satu pekerja menangani satu pekerjaan). PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan penghasil carton box di wilayah Kabupaten Serang Banten dimana 60% pengerjaannya masih dilakukan secara manual. Dari 6000 tenaga kerja yang dimiliki, 4500 tenaga kerja berkutat pada pekerjaan/workstation yang bersifat manual seperti pemotongan ( cutting ), pengikatan, strapping , packaging dan lain sebagainya. Sebagai salah satu industri dengan tipe job order , beban tiap – tiap pekerjaan menjadi berbeda tiap harinya. Ada kalanya beban suatu workstation meningkat tajam, dan pada waktu tertentu bisa sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali. T idak jarang tenaga kerja dipindahkan ke pekerjaan lain untuk menghindari idle job pada satu workstation . Tujuan penelitian ini adalah m enentukan usulan penugasan kelompok pekerja (grouping manpower) pada setiap job di PT. XYZ , s erta m embandingkan kinerja optimum algoritma Ant Colony Optimization (ACO) berdasarkan parameter yang ditentukan. Penelitian ini melakukan penyelesaian Assignment Problem dengan algoritma metaheuristik ACO menggunakan bantuan perangkat lunak Python. Berdasarkan proses perbandingan didapatkan parameter pembanding dengan distance terbaik 22928 adalah dengan nilai alpha=1, beta=3, rho=0.8, q=1, t0=0.01, limit=100, ant count=5 .


Keywords


Ant Colony Optimization (ACO); Assignment Problem; Grouping Manpower; Metaheuristik

Full Text:

PDF

References


Anamisa, D. R., & Djunaidy, A. (2014). Penyelesaian Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Hibridisasi Algoritma Genetika dan Algoritma Koloni Semut. JUTI, Volume 12, Nomor 1 , 15 -20.

Ariesta, Y. (2012). Penerapan Ant Colony System Pada Vehicle Routing Problem Untuk Menentukan Rute Distribusi Terpendek. Jakarta: Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti.

Dorigo, M. (1996). The Ant System: Optimization by a Colony Of Cooperating Agents. IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics–Part B, Vol.26, No.1, 1996, pp.1- 13, 1- 26.

Du, K.- L., & Swammy, M. (2016). Search and Optimization by Metaheuristics. Switzerland: Springer International.

G, Talbi. (2009). Metaheuristics: From Design to Implementation, John WIley & Sons.

Mulyono, S. (2017). Riset Operasi Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Santosa, B. (2007). Data Mining Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zukhri, Z., & Alhakim, S. (2004). Algoritma Semut Pada Penjadwalan Produksi Job Shop. Media Informatika, Vol. 2, No. 2, ISSN: 0854 - 4743 , 75 -81.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by