Penjadwalan produksi single machine pada pipa longitudinal welding mesin ERW 2 di PT. XYZ

Evi Febianti, Alinda Mardiana

Abstract


PT. XYZ merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi pipa baja las. Pipa baja las yang diproduksi ini terbagi menjadi dua, yaitu pipa baja las spiral dan longitudinal. Pipa yang dihasilkan berupa pipa minyak, pipa gas, pipa air, dan pipa pancang. Bentuk aliran produksi nya adalah aliran flow shop d an tipe produksi adalah make to order . Seiring meningkatnya jumlah pesanan yang masuk, perusahaan saat ini mengalami kesulitan dalam membuat jadwal produksi pesanan karena penjadwalan masih dilakukan secara manual dengan berdasar atas intuisi dari staf produksi . Berdasarkan hasil observasi di l apangan masalah yang sering terjadi di perusahaan yaitu kesalahan penjadwalan, yang disebabkan karena banyaknya pesanan yang terlambat. Adapun tujuan dari p enelitian ini adalah meminimasi total lateness pada produk pipa longitudinal welding dengan yang digunakan adalah metode EDD ( Earliest Due Date) dan m enentukan urutan job yang sesuai dengan meminimasi total lateness. Hasil perhitungan penjadwalan menunjukan bahwa dengan menggunakan metode EDD mengalami keterlambatan se lama 478 hari dengan uturan job A - I - H - B - K - G - C - F - E - D - J sedangkan penjadwalan existing perusahaan dengan metode FCFS ( First Come First Served ) memiliki total lateness selama 707 hari dengan urutan job yaitu A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K . Dengan adanya penerapan metode EDD perusahaan dapat meminima si ke terlamatan se lama 229 hari.


Keywords


EDD; FCFS; Penjadwalan Produksi; Single Machine

Full Text:

PDF

References


Arman, Hakim, Nasution, dan Yudha Prasetyawan. (2008). Perencanaan Dan Pengendalian Produksi . Edisi 1. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Arrifin, M dan Rudyanto, A. ( 2010). Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Paving Blok Pada CV. Eko Joyo. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010). Yogyakarta, 19 Juni 2010.

Baker, K. R. (2009). Prinsiples of Sequencing and Scheduling. A John Wiley & Sons,INC.

Mutiara, dkk. ( 2016) . Penjadwalan Produksi Pada Dynamic Job Order menggunakan Pendekatan EDD untuk meminimasi Total Tardiness. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri. Vol 4 No 7. Malang: Universitas Brawijaya.

Prasetya, dkk. ( 2016) . Rancang Bangun Sistem Penjadwalan Produksi Dengan Menggunakan Metode Earliest Due Date Pada CV Tidar Jaya. JurnalJSIKA. Vol 5 No 9. Surabaya: Institut Bisnis dan Informatika STIKOM

Syafei, M. ( 2015) . SKRIPSI. Penjadwalan Single Machine Dengan Metode Algoritma Branch And Bound Untuk Meminimasi Total Lateness Dan Jumlah Tardy Job. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Yogi, dkk. ( 2015) . Rancang Bangun Evaluasi Penjadwalan Produksi Pada PT. Home Sakti Indonesia. Jurnal JSIKA. Vol 6 No 6. Surabaya: Institut Bisnis dan Informatika STIKOM

Yosan dan Erwandi. ( 2012) . Penjadwalan Produksi Dengan Menggunakan FCFS, EDD, SPT, Dan LPT Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta: Universitas Mercu Buana.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by