Pengendalian waktu dan biaya pelaksanaan proyek pembangunan transmisi pipa gas menggunakan metode CPM (Critical Path Method)

Nurul Ummi, Tri Suci Febrianingsih, Evi Febianti

Abstract


PT. ABC merupakan perusahaan di bidang proyek konstruksi perpipaan. PT. XYZ
sebagai pikah ke - 3 yang mengerjakan salah satu proyek PT. ABC. Proyek yang dimaksud adalah pembangunan transmis i pipa gas 3,65 km di daerah Karawang P royek tersebut mengalami permasalahan yaitu ketidaktepatan waktu dalam pelaksanaan proyek yang melebihi rencan a yang seharusnya 172 hari menjadi 200 hari dengan masa peme liharaan 90 hari. Keterlambatan waktu dalam pengerjaan proyek mengakibatkan adanya penalty, maka dilakukan penegndalian waktu dan biaya pelaksanaan proyek pembangunan transmisi pipa gas menggunakan CPM (Critical Path Method). Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan usulan alternatif pengendalian waktu dan biaya proyek yang lebih baik berdasarkan cr ash program yang dilakukan setelah mendapatkan hasil CPM. Hasil penelitian ini didapatkan pengendalian waktu dan biaya proyek dengan crash program kegiatan jalur kritis hasil perhitungan CPM yang menghasilkan delapan usulan alternatif pengendalian waktu dan biaya pelaksanaan proyek. Dari delapan usulan alterntif dapatkan hasil usulan alternatif yang lebih baik yaitu usulan alternatif dengan crashing kegiatan L, H, B, J, D, G, dan F dengan durasi 155 hari dan total biaya proyek Rp3.986.064.697,00, sert a keun tungan yang didapatkan Rp 1.013.935.303,00. H asil usulan penjadwalan yang lebih baik diharapkan kedepannya dapat menjadi usulan untuk proyek yang akan datang.


Keywords


Pembangunan transmisi; pipa gas; Critical Path Method (CPM); Crash Program

Full Text:

PDF

References


Badri, S. 1997. Dasar- dasar Network Planing. Jakarta: PT . Rika Cipta.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Operations Management: Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Levin, Richard I. dan Charles A Kirkpatrick. 1972. Perencanaan dan Pengawasan dengan PERT dan CPM . Jakarta: Bhratara.

Muliyanah, Dewi. 2013. “Analisa Penjadwalan Ulang Proyek Pembangunan Gudang X dan Y Menggunakan Metode Critical Pa th Method (CPM) Berdasarkan Siklus Dmaic pada PT XYZ”. Jurnal Penelitian Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Cilegon.

Siswanto. 2007. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara Soeharto, Iman. 1997. Manajemen Proyek . Jakarta:

Erlangga

. 1999. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Wulfram, Ervianto. 2005. Manajamen Proyek Konstruksi. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by