Analisis strategi pemasaran klinik Universitas Mulawarman menggunakan metode quantitative strategic planning matrix (QSPM)

Muhamad Najih Burhanudin, Dharma Widada, Anggriani Profita

Abstract


Klinik Universitas Mulawarman didirikan guna menunjang kesehatan civitas akademika dan masyarakat sekitar Universitas Mulawarman. Klinik Universitas Mulawarman memiliki posisi yang sangat strategis karena terletak di kawasan Universitas Mulawarman yang berada di jantung kota Samarinda. Namun, posisi yang strategis dan layanan yang variatif ini tidak diiringi dengan banyaknya pasien yang berobat di Klinik Universitas Mulawarman, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap strategi pemasaran Klinik Universitas Mulawarman. Strategi pemasaran dilakukan dengan tiga tahapan. Pada tahap pertama yaitu tahap input menggunakan matrik IFE dan EFE, t otal skor pada matriks IFE adalah sebesar 3,024 sedangkan total skor pada matriks EFE adalah sebesar 2,636 . Tahap kedua dilakukan tahap pencocokan menggunakan matriks IE, sehingga didapatkan matriks IE berada pada sel IV yang berarti tumbuh dan membangun. Selanjutnya dilakukan tahap ketiga yaitu tahap keputusan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM ) . Dari alternatif strategi yang ada dilakukan perhitungan Total Atractive Score (TAS) menggunakan matriks QSPM didapatkan alternatif strategi terbaik adalah memanfaatkan lokasi yang strategis serta sarana dan prasarana yang memadai untuk menarik pelanggan dengan nilai TAS sebesar 6,371. Sarana dan prasarana yang memadai serta lokasi yang strategis karena dekat dengan civitas akademika Universitas Mulawarman dapat dimanfaatkan bagi pemasaran Klinik Universitas Mulawarman.


Keywords


Strategi Pemasaran; Klinik Universitas Mulawarman; IFE; EFE; IE; SWOT; QSPM

Full Text:

PDF

References


David, F.R (2009), Strategic Management: Konsep, Jilid 1, Ed 12 , Salemba Empat, Jakarta.

David, F. R. (2011). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat, Jakarta .

Diniaty, Dewi., Agusrinal. 2014. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Puspitasari, Nia Budi. 2016. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang , Semarang. Universitas Diponegoro.

Nasution, Sudarso, Trisunarno 2006. ”Manajemen Pemasaran Untuk Engineering” Andi, Surabaya.

Rangkuti, Freddy., 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saputri, D E. 2011. Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode SWOT Analysis di Perusahaan Abon Diamond Ampel Boyolali. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi, Cetakan Kesatu. Refika Aditama, Bandung.

Si mamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by