Pengukuran kualitas e-commerce pariwisata Banten menggunakan metode importance-performance analysis (IPA)

Supriyanto Supriyanto, Asep Ridwan, Ria Sudiana, Moh. Sofyan Budiarto, Silfiana Silfiana, Ade Irman, Imron Rosyadi, Dhimas Satria, Arta Rusidarma

Abstract


Di era informasi global saat ini, manusia sangat menginginkan efisiensi waktu dan tenaga dalam berbagai hal termasuk dalam berwisata. Untuk itu, teknologi komunikasi dan informasi (ICT) dapat berkembang dengan cepat karena dapat memenuhi kebutuhan pengguna tersebut. Keberadaan teknologi ICT dan banyaknya pengguna Internet menjadi peluang dan tantangan bagi pengembangan sektor pariwisata. Peluang ini telah dimanfaatkan dengan sangat baik oleh perusahaan penyedia jasa perdagangan sehingga banyak yang menjadi bagian dalam penggunaan e- commerce untuk memasarkan berbagai produk barang dan jasa termasuk pariwisata. Provinsi Banten merupakan provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa sehingga dikelilingi oleh pantai yang dapat digunakan sebagai wahana pariwisata, untuk dapat terus meningkatkan kunjungan pariwisata Banten maka pemanfaatan teknologi ICT khususnya e-commerce untuk mengembangkan potensi pariwisata di Banten harus dioptimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan e-commerece di Pariwisata Banten dengan menggunakan E-Servqual yang kemudian diterjemahkan ke dalam diagram Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil IPA menunjukkan bahwa kualitas e-commerce wisata Banten dapat dikatakan sudah cukup baik, hal ini terlihat bahwa 18 dari 28 atribut sudah berkinerja baik.


Keywords


E-Servqual; Importance-Performance Analysis (IPA); Pariwisata Banten

Full Text:

PDF

References


Pham, Thi Song Hanh dan Ahammad, Mohammad Faisal. 2017. Antecedents and consequences of online customer satisfaction: A holistic

Tobagus, Anita. 2018. Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Di Situs Tokopedia. AGORA Vol. 6, No. 1. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Wahyuni, Nuraida. 2015. Analisis Kepuasan Pelanggan Melalui Metode Importance Performance Analysis. Seminar Nasional IENACO. Cilegon: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Wahyuni, Nuraida dan Ferdinant Putro Ferro. 2018. Model Kano Terhaap Pelayanan Transportasi Online. Seminar Nasional Teknologi. Cilegon: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Wu, Hsin-Hung., Tang, Yung-Tai., Shyu, Jyh-Wei. (2010). An Integrated Approach Of Kano’s Model And Importance- Performance Analysis In Identifying Key Success Factors. African Journal of Business Management. Vol. 4 (15), pp. 3238-3250, African.

www.internetworldstats.com (diakses terakhir tanggal 18 Mei 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i2.7990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by