Pemodelan sistem dinamis dalam menentukan supplier menggunakan simulasi Powersim

Dyah Lintang Trenggonowati, Imam Safi’i, Ani Umyati

Abstract


Cengkiwings merupakan industri di bidang makanan. Produk makanan yang diproduksi Cengkiwings adalah sayap ayam, dada ayam, paha ayam, dan daging ayam fillet yang digoreng menggunakan tepung. Semua bahan baku Cengkiwings merupakan suplai dari supplier langganan, seperti tepung, beras, saos, ayam, kentang dan gas. Hasil identifikasi didapatkan beberapa kendala yang ditemukan di outlet Cengkiwings, diantaranya adalah masalah terlambatnya pengiriman bahan baku ke outlet dan stock bahan baku oleh supplier langganan (supplier lama) yang sering tidak lengkap (teruatama bahan baku utama yaitu ayam). Kondisi ini ternyata sangat menghambat produksi sekaligus penjualan di outlet Cengkiwings. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti membuat tiga skenario solusi berdasar kualitas bahan baku, harga dan jarak lokasi supplier. Skenario pertama menggunakan supplier lama, skenario kedua menggunakan supplier lama dan supplier baru, dan skenario ketiga menggunakan supplier baru. Berdasarkan hasil dari olah data menggunakan Software Powersim, didapatkan keputusan menggunakan menggunakan supplier baru dan secara total mengganti semua bahan baku ke supplier lama. Kondisi ini membuat penjualan di outlet Cengkiwings menjadi lebih optimal. Pada solusi menggunakan supplier baru, rata-rata persentase tingkat penjualan hampir mendekati 100%, karena dengan mengganti supplier baru dapat memproduksi sesuai dengan permintaan yang ada. Pada kondisi ini juga tidak terdapat delay (keterlambatan) pengiriman bahan baku.


Keywords


Industri Makanan; Pemilihan Supplier; Powersim; Simulasi; Sistem Dinamis

Full Text:

PDF

References


Averill Law, “Simulation Modeling and Analysis with Expertfit Software,” McGRaw-Hill, New York. 2006

Charles R. Harrel, Biman K. Gosh, dan Royce O. Bowden, “Simulation Using Promodel. McGRaw-Hill,” New York. 2003

Daellenbach, H.G., System and Decision Making a Management Science Approach. John Wiley and Sons Ltd., England, 1994.

Heizer, J. and Render, B., “Operations Management,” Tenth Edition, Prentice Hall, New Jersey, 2011.

Midiawati, M. and Singgih, S. (2017). “Comparative Analysis of TE 67 HS Coal Quality in Stockpiles and in Railway Carriage Using Statistics Tools,” Industrial Engineering Online Journal 6 (4), 2017.

Simatupang, Togar M., “Pemodelan Sistem,” Klaten, Penerbit Nindita, 1995

Trenggonowati D. L., “Simulasi Sistem Proses Produksi di PT. Jakarta Cakratunggal Steel Mills" Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 4 Issue 1, 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i2.7994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by