Penerapan metode balanced scorecard untuk penentuan key performance indicator di Departemen Production Engineering (Studi kasus pada perusahaan farmasi PT. X)

Donny Setiawan, Muhammad Julian Syaputra, Yan Kurnia Hadi, Zulfa Fitri Ikatrinasari

Abstract


Dalam penelitian ini dilakukan penentuan Key Performanced Indicator (KPI) melalui 4 perspektif Balanced Scorecard untuk perbaikan sistem penilaian kinerja di departemen Production Engineering di perusahaan farmasi yang ada di Tangerang. Balance Scorecard termasuk alat manajemen untuk mengimplementasikan strategi dan mengukur kinerja dengan 4 perspektif faktor. KPI inilah yang menjadi alat ukur kinerja efektif bagi organisasi dan manager dalam memberikan penilaian kinerja tahunan untuk semua karyawan yang selaras dengan visi, misi dan strategi organisasi. Dari hasil total score balance, diperoleh skor A yakni 0.915 yang berdasarkan grade system nilai tersebut (>0.90 ~ 1.00), untuk indikator KPI performance patrol achievement, dan maintenance sudah mencapai target 100%.


Keywords


Balanced score card; key performance indicator; pengukuran kinerja

Full Text:

PDF

References


Brown, M.G, (2007), Beyond the balanced scorecard: Improving business intelligence with analytics: CRC Press

Chaharsooghi, S. K., Beigzadeh, N., & Sajedinejad, A. (2016). Analyzing key performance indicators of e-commerce using balanced scorecard. Management Science Letters, (July), 127–140. https://doi.org/10.5267/j.msl.2015.12.008

Ciptani, M.K. (2004), Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar, Jurnal akuntansi dan keuangan, vol. 2, pp. pp. 21-35.

Handayani, B. D. (2010), Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen, Jurnal Dinamika Manajemen, vol. 2, pp. 1-1.

Harvey, H. B., & Sotardi, S. T. (2018). Key Performance Indicators and the Balanced Scorecard. Journal of the American College of Radiology, 15(7), 1000–1001. https://doi.org/10.1016/j.jacr.2018.04.006

Kaplan, R.S., & Norton, D. P., (1996), The balanced scorecard: translating strategy into action: Harvard Business Press.

Morard, B., Stancu, a, & Jeanette, C. (2013). Time Evolution Analysis and Forecast of Key Performance Indicators in a Balanced Scorecard. Global Journal of Business Research, 7(2), 9–27.

Singgih, M. L., Octavia, R., & Damayanti, K. A., (2004), Pengukuran Dan Analisa Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard DI PT." X", Jurnal Teknik Industri, vol. 3, pp. pp. 48-56

Wibisono, E., Parung, J., & Hartanto, T. (2008), Pengukuran Kinerja di PT Marajasa Transportama Menggunakan Balanced Scorecard dan Pembobotan SMART, Proceedings Simposium Nasional RAPI VII.

Wu, H. Y. (2012). Constructing a strategy map for banking institutions with key performance indicators of the balanced scorecard. Evaluation and Program Planning, 35(3), 303–320. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.201 1.11.009




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i2.8004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by