Evaluasi performance management system untuk pengukuran kinerja karyawan menggunakan KPI dengan aplikasi Pro-Int (Studi kasus pada perusahaan telekomunikasi)

Edna Maryani, Heri Supriatna, Asep Saepul Anwar, Zulfa Fitri Katrinasari

Abstract


Pengukuran kinerja merupakan cara untuk menilai kinerja karyawan sebagai hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang pada suatu organisasi atau perusahaan, sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka mencapai tujuan organisasi atau perusahaan secara legal, bermoral dan beretika. Kinerja yang telah di tentukan dengan terukur secara objektif akan menjadikan seluruh karyawan dapat berpacu untuk terus meningkatkan kwalitas kinerja sehingga dapat membentuk lingkungan kerja yang baik antara karyawan dan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi pada penerapan aplikasi Pro-Int yang telah dilakukan pada sebuah perusahaan telekomunikasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara responden dari karyawan perusahaan telekomunikasi. Berdasarkan data dari wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa pengukuran kinerja karyawan dengan aplikasi Pro-Int dapat meningkatkan kinerja karyawan. Ada pengaruh yang sangat signifikan terhadap kinerja karyawan di lingkungan departemen HRD karena sistem pelaporan yang sangat rapi dan detail. Pengembangan diri karyawan dengan coaching dan feedback secara berkesinambungan yang dilakukan oleh atasan dan bawahan dapat membantu keberhasilan pencapaian target yang sudah ditentukan.


Keywords


KPI; pengukuran kinerja; aplikasi pro-int; penilaian kinerja

Full Text:

PDF

References


Aguinis, H. (2011). Performance Management (3rd ed.; S. Yagan, ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall. All rights reserved.

Bacal, R. (1999). Performance Management (1st ed.). Canada: McGraw-Hill Professional.

Fisher, C. D., Schoenfeldt, L. F., & Shaw, J. B. (2005). Human Resource Management (6th ed.). Texas: Cengage Learning, Houghton Mifflin Co.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action (2nd ed.). Harvard: Harvard Business Review Press.

Simanjuntak, P. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i2.8005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by