RUMUSAN STRATEGI UNTUK PENINGKATAN KINERJA OPERASIONAL PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA TUAL

Yuliana Anastasia Ngamel

Abstract


Nilai Kinerja operasional Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual (PPN Tual) berdasarkan hasil perhitungan adalah 21,61% dan dapat dikatakan bahwa kinerja operasional PPN Tual adalah buruk (Ngamel et al. 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rumusan strategi peningkatan kinerja operasional PPN Tual. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode studi kasus terhadap kinerja operasional PPN Tual yang dianalisis dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) atau Proses Hierarki Analitik (PHA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai strategi peningkatan kinerja operasional PPN Tual yang didapat berdasarkan prioritasnya berturut-turut adalah 1) Peningkatan dan perbaikan fasilitas PPN Tual dengan Nilai Prioritas (NP) 0,41. 2) Peningkatan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia dengan NP 0,24. 3) Peningkatan pelayanan perbekalan melaut dengan NP 0,18. 4) Peningkatan pengelolaan pengoperasian PPN Tual dengan NP 0,16.

Keywords


kinerja operasional, pelabuhan perikanan, Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual (PPN Tual), strategi peningkatan

Full Text:

PDF

References


Diniah, Sobari MP. Seftian D. 2012. Pelayanan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) terhadap Kebutuhan Operasi Penangkapan Ikan. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 2(1): 41-49.

Edi IBP, Anggoro S, Susilowati I. 2006. Analisis efisiensi pelabuhan perikanan dan strategi pengembangan (Pokok bahasan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap). Jurnal Pasir Laut. 2(1): 64-78.

Hutapea RYF, Solihin I, Nurani TW. 2017. Peran Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Dalam mendukung Industri Tuna. Jurnal Marine Fisheries. 8(2): 187-198.

Ibrahim RHS. 2001. Strategi Peningkatan Kinerja Pelabuhan Perikanan Nusantara Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Kawirian W, Restu IW, Negara IKW, Razak A. 2020. Strategi Peningkatan Kinerja Operasional Kesyahbandaran di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan Bali. Jurnal Pengelolaan Perikanan Tropis. 4(2): 49-58.

Lubis E. 2012. Pelabuhan Perikanan. Bogor. (ID): IPB Press.

Marimin, Maghfiroh N. 2010. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor (ID): IPB Press.

Ngamel YA, Lubis E, Pane AB dan Solihin I. 2013. Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan. 4(2):155-172.

Petrus P, La OLO, Nurdiana A. 2017. Peranan Pengelolaan Syahbandar Dalam Bisnis Perikanan Terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak di Pelabuhan Perikanan Samudra Kendari. Jurnal Ekonomi Perikanan FPIK UHO. 2(2): 90-102.

Saputri DW, Bambang AN, Pramitasari SD. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Morodemak Kabupaten Demak. Jurnal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology. 6(3): 65-73

Setiawan H, Pane AB, Lubis E. 2019. Strategi Pengembangan Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo untuk Meningkatkan Fungsi Pelabuhan Perikanan. Jurnal Albacore. 3(1): 59-72.

Sugiharto E, Salmani, Gunawan BI. 2013. Studi tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di Kampung Gurimbang Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau. Jurnal Ilmu Perikanan Tropis. 18(2):68-74.

Suherman A. 2010. Alternatif strategi pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan Jawa Timur. Jurnal Saintek Perikanan. 5(2): 65-72.

Suherman A, Boesono H, Kurohman F, Mudzakir AK. 2020. Kinerja Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan Cirebon Jawa Barat. Jurnal Marine Fisheries. 11(1): 23-38.

Suherman A, Kurohman F, Jayanto BB. 2020. Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu Sukabumi Jawa Barat. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 10(1): 87-101.

Sulfitra, Ariyanto A. 2018. Analisis Evaluasi Kinerja Pelabuhan Perikanan Lampulo dalam Peningkatan Kesejahteraan Hidup dan Pengurangan ANgka Pengangguran. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammdiyah Aceh. 8(1): 34-48.

Supriyanto, 2013. Analisis Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Berwawasan Lingkungan di Perikanan Samudra Nizam Zachman Jakarta. Jurnal Ilmu Lingkungan. 7(2):159-179.

Suryanto, Triharyuni S, Hargiyatno IT. 2014. Peningkatan Kinerja Pelabuhan Perikanan: Studi Kasus Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia. 20(3): 169-176.

Takaendangan J, Pandey SV, Rompis SYR. 2019. Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung. Jurnal Tekno. 17(73): 153-158.

Wardiningsih SS. 2009. Perkembangan teknologi dan sistem informasi untuk peningkatan E-Government dalam pelayanan publik. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi. 7(1): 69-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jpk.v11i1.10515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


idnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatbtn4dkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

                  

 

Creative Commons License
Akun gacor auto maxwin adalah sebuah istilah yang mengacu pada keberuntungan meraih scatter hitam slot mahjong secara beruntun hingga selalu dianggap gampang jp saat bermain slot. Fitur akun gacor dibuat khusus memiliki teknologi terbaru melewati proses rumusan panjang untuk memunculkan bonus scatter hitam terus menerus
Jurnal Perikanan dan Kelautan [JPK] is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright @ Universitas Sultan Ageng Tirtayasa [Untirta]. All rights reserved