TINGKAT KEPUASAN NELAYAN PPS KUTARAJA TERHADAP PELAYANAN PENERBITAN STANDAR LAIK OPERASI (SLO) DI PSDKP LAMPULO
Abstract
ABSTRACT
PSDKP Lampulo is a UPT called a base that covers the four Wilker provinces, namely Aceh, North Sumatra, West Sumatra, Bengkulu and is based in Lampulo Village, Banda Aceh City. This research was conducted with the aim of knowing the level of fishermen's satisfaction with the SLO issuance service at the Lampulo PSDKP. The method in this research is a quantitative method with a descriptive approach, the data needed is primary and secondary data. Primary data collection was carried out by interview. Sampling by census method. Census or total sampling is a sampling technique in which all members of the population are sampled by all. In payment for the sample used, there were 15 people because that number was the only one managing the ship's SLO. The data collected from each respondent was based on 9 assessment elements related to the level of fishermen's satisfaction with the SLO issuance service at the Lampulo PSDKP. The result data were analyzed according to the guidelines for the implementation of public service units by measuring the Likert Scale. The results of research with quantitative methods showed a score of 87.96. The value category between 76.61 – 88.31 is the Good category. This is the level of fishermen's satisfaction with the SLO issuance service at the Lampulo PSDKP which is in the Good value category. The results of calculations with a Likert Scale obtained from the level of satisfaction with the SLO issuance service at the Lampulo PSDKP are based on 9 assessment elements namely (requirements), (systems, mechanisms and procedures), (completion time), (costs/tariffs), (product specifications, types of services ), (competence of executors) (executor behavior) (facilities and infrastructure) (handling, complaints, suggestions and input) by calculating the total value of each element of service, the weight of the value per element and the average value per weight per element.
ABSTRAK
PSDKP Lampulo merupakan UPT disebut pangkalan yang mencakup empat provinsi Wilker yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan berpangkalan di Desa Lampulo, Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penerbitan SLO di PSDKP Lampulo. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, data yang dibutuhkan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara. Pengambilan sampel dengan metode sensus. Sensus atau sampling total adalah teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Dalam penentuan sampel yang digunakan berjumlah 15 orang karena jumlah itu saja yang menjadi pengurus SLO kapal. Data yang dikumpulkan dari setiap responden berdasarkan 9 unsur penilaian yang berkaitan dengan tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penerbitan SLO di PSDKP Lampulo. Data hasil dianalisis sesuai pedoman penyusunan unit pelayanan publik dengan pengukuran Skala Likert. Hasil penelitian dengan metode kuantitatif menunjukkan skor 87,96. Kategori nilai antara 76,61 – 88,31 merupakan kategori Baik. Hal ini tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penerbitan SLO di PSDKP Lampulo berada pada kategori nilai yang Baik. Hasil perhitungan dengan Skala Likert yang diperoleh dari tingkat kepuasan terhadap pelayanan penerbitan SLO di Pangkalan PSDKP Lampulo berdasarkan 9 unsur penilaian yaitu (persyaratan), (system, mekanisme dan prosedur), (waktu penyelesaian), (biaya/tarif), (produk spesifikasi jenis pelayanan), (kompetensi pelaksana) (perilaku pelaksana) (sarana dan prasarana) (penanganan, pengaduan, saran dan masukan) dengan menghitung masing-masing jumlah nilai unsur pelayanan, bobot nilai perunsur dan nilai rata-rata per timbang per unsur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burhani SA, Amir MS, Hadi S. 2021. Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar Di Pelabuhan Perikanan Untia. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan.
Direktorat Jendral Pengawasan Sumberdaya Kelautan Dan Perikanan 2022. Profil Pangkalan PSDKP Lampulo. https://kkp.go.id/djpsdkp/pangkalanlampulo/page/1788-profil, diakses pada tanggal 10 Januari 2023.
Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut. Profil. Jakarta.
https://kkp.go.id/djpsdkp/page/164-profil , diakses pada tanggal 10 januari 2023.
Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan 2023. Profil Peluang Usaha Dan Investasi Kelautan Dan Perikanan Provinsi Aceh (Kota Banda Aceh Dan Kabupaten Aceh Besar). https://kkp.go.id/ancomponent/media/uploadgambarpendukung/A_PDS2/Usaha%20dan%20Investasi/Buku%202019/Aceh_Profil%20Potensi%20Usaha%20dan%20Investasi%20Kelautan%20dan%20Perikanan%20Provinsi%20Aceh%20(Kota%20Banda%20Aceh%20dan%20Kabupaten%20Aceh%20Besar)%20Tahun%202019%20(Booklet).pdf, diakses pada tanggal 15 Januari 2023
Dzulfadli MA, Basman, Wahyuddin M. 2019. Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Layanan Di Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam 15(2): 228-239.
Jamaludin. 2016. Implementasi Kebijakan Laik Operasi Kapal Perikanan Oleh Upt Pos Pengawasan Sumber Daya Kela Utan Dan Perikanan. Skripsi. Universitas Terbuka Jakarta. 137 hlm.
Malik D, Mudiyanto, Saktiono MA. 2022. Implementasi Penerbitan Surat Laik Operasi (Slo) Kapal Perikanan Di Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan Kabupaten Pacitan (Studi Permen Kp Nomor 1/Permen-Kp/2017). Jurnal Majalah Ilmiah Gema Maritim 24(2):89-94.
Mahardi, HKNGI. 2022. Penerapan Standar Laik Operasi (SLO) Pada Kapal Perikanan Di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan. Albacore 6(3):305-314.
Mahmuda D, Saputra R, Nurrahman A. 2022. Kompetensi Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP) 4(1):18-36.
Kementrian Kelautan dan Perikanan. 2021.” Produksi Perikanan.
Kementrian Kelautan dan Perikanan”. https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=prod_ikan_prov&i=2, diakses pada tanggal 10 januari 2023.
Kementrian Kelautan dan Perikanan Nomor KEP 50/MEN/2012 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Penanggulangan Illegal, Unreported, And Unregulated Fishing.
Kurniawan CR. 2016. Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Journal of Law 10(3): 413.
Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Nomor 23/PERMEN-KP/2021 Tentang Standar Laik Operasi dan Sistem Pemantauan Kapal Perikanan.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomer 14/Permenpan/2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Peraturan Mentri Kelautan dan Perikanan Nomor :PER.33/MEN/2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor :76/2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik
Putri CSN, Edwarsyah, Zurba N, Nasution MA, Nufus H. 2021. Manajemen Produksi Perikanan Tuna, Cakalang Dan Tongkol, Di UPTD PPS Kutaraja Banda Aceh. Journal of Aceh Aquatic Science 5 (1).
Pramono S. 2019. Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Rumah Paten Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Skripsi. Kota Tegal. Program Studi Di Akuntansi. Politeknik Harapan Bersama.160 hlm.
Riani NK. 2021. Strategi Peningkatan Pelayanan Publik, Wi Ahli Madya Bpsdm Provinsi Bali. Jurnal Inovasi Penelitian 1(11):24-43.
Rinaldi, R. 2012. Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara). Jurnal Administrasi Publik 1(1):22-34.
Ristiani, Ida Yunari. 2017. Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Pasien. (Studi Pada Pasien Rawat Jalan Unit Poliklinik Ipdn Jatinangor). Coopetition 8(2):155–66.
Sari IN, Rahmah A, Aprilla MR, Irham M, & Miswar E. 2020. Tingkat Kepuasan Pemilik Kapal Terhada Pelayanan Dokumen Perizinan Berlayar Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sawang Ba’u Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah 5(1): 11-19.
Sugiyono .2018. Metode Pengambilan Data Primer dan Data Sekunder.16 hlm.
Siregar, Sofyan. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono .2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Setiadi, A. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Journal of Management Review 2(2).
Siregar, N. 2018. Analisis Peningkatan Prestasi Kerja Berdasarkan Kesesuaian Penempatan Kerja (Studi Pada Pegawai Kantor Badan Kepegawaian Negara (Bkn). Jurnal Manajemen Tools 10(2).
Undang-undang Republik Indonesia Nomor :45/2009 Tentang Perikanan
Wahyudiaanto PBH. 2015. Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Kebijakan Pelayanan Pemerintah. Jurnal Bina Praja 7(4): 331-346.
Yulianto. 2020. Meningkatkan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Menuju Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami 7(2).
Zellatifanny MC, & Mudjiyanto B. 2020. Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom 1(2): 83-90.
DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jpk.v12i2.19176
Refbacks
- There are currently no refbacks.