Strategi Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini

Arie Widiyastuti, Rio Hermawan

Abstract


ABSTRACT

Early childhood mathematics learning strategies need to be packaged by considering various things so that mathematics does not give a heavy burden to children. Early childhood mathematics learning strategies that are quite effective are game learning as for the benefits, namely: it can help children learn mathematics based on correct mathematical concepts and avoid children being afraid of mathematics from the start can help children learn mathematics naturally through playing activities with various learning games mathematics. Learning strategies for mathematics that are appropriate for early childhood are: 1) Playing picture cards, numeracy skills, one-to-one correspondence skills, the ability to arrange the largest number of objects to the least and vice versa. 2) Making cakes, measuring abilities, numeracy skills, estimation skills, recognizing geometry. 3) Rhythmic motion patterns, the ability to identify patterns, the ability to imitate simple patterns, the ability to repeat simple patterns, the ability to make simple patterns in gardening, the ability to measure, the ability to count, the ability to compare. 4) Looking for stars the ability to classify colors, shapes, sizes, ability to compare high-low, the ability to sort numbers.

 

Keywords: Early childhood education programs; Learning strategies; Math Learning Games.

 

ABSTRAK

Strategi pembelajaran matematika usia dini perlu dikemas dengan mempertimbangkan berbagai hal agar matematika tidak memberikan beban yang berat untuk anak. Strategi pembelajaran matematika anak usia dini yang cukup efektif adalah pembelajaran permainan adapun manfaatnya yaitu: dapat membantu anak belajar matematika berdasarkan konsep matematika yang benar dan menghindari anak ketakutan terhadap matematika sejak awal dapat membantu anak belajar matematika secara alami melalui kegiatan bermain dengan bermacam–macam permainan pembelajaran matematika. Strategi Pembelajaran matematika yang tepat untuk anak usia dini yaitu : 1) Bermain kartu gambar kemampuan berhitung, kemampuan korespondensi satu ke satu, kemampuan menyusun jumlah benda terbanyak hingga sedikit dan sebaliknya. 2) Membuat kue kemampuan mengukur, kemampuan berhitung, kemampuan estimasi, mengenal geometri. 3) Pola gerak berirama kemampuan mengindetifikasi pola, kemampuan meniru pola sederhana, kemampuan mengulang pola sederhana, kemampuan membuat pola sederhana berkebun kemampuan mengukur, kemampuan berhitung, kemampuan membandingkan. 4) Mencari bintang kemampuan klasifikasi warna, bentuk, ukuran, kemampuan membandingkan tinggi-rendah, kemampuan mengurutkan angka.

 

KATA KUNCI: Pendidikan Anak Usia Dini; Strategi Pembelajaran; Permainan Pembelajaran Matematika.


Keywords


KATA KUNCI: Pendidikan Anak Usia Dini; Strategi Pembelajaran; Permainan Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aisyah Siti , dkk . (2007) . Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Faizi, Mastur. (2013). Ragam metode mengerjakan Eksata Pada Murid. Yogyakarta: DIVA Press.

Fakhruddin, Asef Umar. (2010). Sukses menjadi Guru TK-PAUD Tips, Strategi, dan Panduan-Panduan Pengembangan Praktisnya. Yogyakarta: Benin.

Hasan, Maimunah. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Isjoni, Drs M.Si, Ph.D. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Alfabeta

Maragustam. (2017). Matematika untuk Anak (Penalaran dan Bimbingan Permainan). MUKADDIMAH: Jurnal Studi Islam. Volume 2, No. 2.

Mirawati. (2017). Matematika kreatif: pembelajaran matematika bagi Anak usia dini melalui kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 No 3a. p-issn: 2599-0438; e-issn: 2599-042x

Musrikah. (2017). Pengajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Perempuan Dan Anak. Vol. 1, No. 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent. New York: Grossman.

Setiyo Utoyo, Dr., M.Pd. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Ideas Publishing.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Suryana. D. (2014). Dasar-Dasar Pendidikan TK. cet ke-3. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suyadi & Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini. A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 118-134 Vol. 3. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i1.11334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id