Self-Efficacy Ibu Dalam Pemberian ASI atas Perilaku Menyusui Bayi
Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self-efficacy Ibu dalam pemberian ASI Eksklusif atas perilaku bayi menyusui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif Asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Makasar Jakata Timur. Dengan responden sejumlah 43 Ibu yang sesuai dengan karakteristik penelitian yaitu melihat pada bayi dengan rentang usia 0-6 bulan yang diberikan ASI Eksklusif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik insidental yaitu apabila orang yang kebetulan ditemui itu memenuhi karakteristik populasi sehingga dipandang cocok sebagai sumber data, dalam pengambilan sampel penelitian di Masa Covid-19. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh hasil variabel Self-Efficacy Ibu mempunyai pengaruh positif terhadap Perilaku Menyusui Bayi dengan nilai sigifikansi 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh Self-Efficacy Ibu terhadap Perilaku Menyusui Bayi. dengan koefisien determinasi sebesar 36,3% di Kecamatan Makasar Jakarta Timur.
Kata Kunci: IBFAT, BSES-SF, Asi Eksklusif
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. Standford University.
Dennis, C. L. (2010). Breastfeeding Self-Efficacy.
Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia (Demografi). In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173
Kemenkes RI. (2018). Data dan Informasi profil Kesehatan Indonesia 2018. In Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Loke, A. Y., & Chan, L. S. (2013). Maternal Breastfeeding Self-Efficacy and the Breastfeeding Behaviors of Newborns in the Practice of Exclusive Breastfeeding. 672–684. https://doi.org/10.1111/1552-6909.12250
Marbun, S. (2017). Pengkajian Fisik Bayi Baru Lahir, Penampilan dan Perilaku Bayi Baru Lahir Serta Rencana Asuhan Bayi 2-6 Hari. Educational Psychology Journal, 2(2), 65–72. https://doi.org/DOI:
Mastuti, N. L. P. H. dkk. (2017). Pengaruh Durasi Dan Tahapan Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Terhadap Keberhasilan Pemberian Asi Eksklusif Dalam 1 Bulan Pertama. Majalah Kesehatan, 4(3), 149–157. https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.2017.004.03.6
Matthews, M. K. (1988). Developing an instrument to assess infant breastfeeding behaviour in the early neonatal period. Midwifery, 4(4), 154–165. https://doi.org/10.1016/S0266-6138(88)80071-8
Nia Novita Wirawan. (2018). Indonesian Journal of Human Nutrition. Indonesian Journal of Human Nutrition, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2016.003.Suplemen.5
Nur, D. dkk. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi B reasfeeding S elf E fficacy (BSE) Dalam Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Hamil Trimester 3. Nursing Practices, 3(1), 22–27.
Rahayu, D. (2018). Hubungan Breastfeeding Self Efficacy Dengan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. 7 No.(1), 247–252.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Penerbit Erlangga.
Toha, M., & Darmanto. (2001). Karakteristik dan Perilaku Manusia. 1–50.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.11409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]