PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI PADA KELUARGA POLA ASUH DEMOKRATIS (SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW )

Raudia Raudatul Zannah, Edi Hendri Mulyana, Sumardi Sumardi

Abstract


Perkembangan emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang memiliki peran penting dalam kehidupan anak. Salah satu faktor yang memiliki peranan besar dalam mengoptimalkan perkembangan emosional anak adalah keluarga. Keluarga memiliki perana yang penting, salah satunya dengan memberikan pola asuh yang tepat. Pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang idel untuk membantu mengoptimalkan perkembangan emosional anak. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengtahui bagaiman perkembangan emosi anak pada keluarga pola asuh demokratis. Penelitian ini meggunakan metode penelitian SLR (systematic literartur review). Hasil penelitian menunjukkan pemberian pola asuh demokrasi dapat menghasilkan perkembanagn emosi yang positif pada anak. Anak-anak yang dibesarkan dengan pola asuh demokratis cenderung merasa bahagia, tuumbuh menjadi anak yang mandiri, tegas terhadap dirinya sendiri, mempunyai kontrol diri, memiliki rasa percaya diri yang baik, mempunyai keinginan untuk berprestasi, dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan teman-temannya ataupun orang dewasa. Maka dapat disimpulkan bahwa anak ynag dibesarkan pada keluarag dengan pola asuh demokratis memiliki perkembangan emosi yang baik.

Keywords


Anak usia dini, perkembangan emosi, pola asuh demokratis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apriliani, A., Budhiluhoer, M., Jamaludin, A., & Prihandani, K. (2020). Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online. 2(1), 12–20.

Biolchini, J., Mian, P. G., Natali, A. C. C., & Travassos, G. H. (2005). Review Sistematis dalam Software Teknik.

Hidayah, R., & , Eka Yunita, Y. W. U. (2013). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Senaputra Kota Malang. Jurnal Keperawatan, 4(2), 131–135.

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. prenadamedia grup.

Muarifah, A., & Puspitasari, I. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dan Kecerdasan Emosi Dengan Persaingan Antar Saudara. 2(1), 1–10.

Sari, P. P., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. 4(1), 157–170.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90.

Susanti, T. (2018). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Universitas Negeri Jambi.

Apriliani, A., Budhiluhoer, M., Jamaludin, A., & Prihandani, K. (2020). Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online. 2(1), 12–20.

Biolchini, J., Mian, P. G., Natali, A. C. C., & Travassos, G. H. (2005). Review Sistematis dalam Software Teknik.

Hidayah, R., & , Eka Yunita, Y. W. U. (2013).. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Senaputra Kota Malang Jurnal Keperawatan, 4(2), 131–135.

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. prenadamedia grup.

Muarifah, A., & Puspitasari, I. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dan Kecerdasan Emosi Dengan Persaingan Antar Saudara. 2(1), 1–10.

Sari, P. P., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. 4(1), 157–170.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90.

Susanti, T. (2018). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Universitas Negeri Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.11829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id