Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Permata Ibu Kampar Kiri Hilir

Ajriah Muazimah

Abstract


Pandemi Covid sejak tahun 2019 yang masih melanda Indonesia gingga saat ini berdampak pada semua sector, termasuk pendidikan di Indonesia, khususnya lembaga PAUD. Hal ini harus membuat guru dan siswa beradaptasi serta melakukan strategi yang berbeda agar pembelajaran tetap bisa dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dilakukan pada masa pandmei Covid 19 di TK Permata Ibu Kampar Kiri Hilir. Penilitian ini menggunakan penelitan kualitatif dengan subjek kepala sekolah dan guru TK Permata Ibu Kampar Kiri Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan di TK Mutiara Ibu pada masa pandemi Covid-19 adalah melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Pembelajaran daring dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi WhatssApp, sedangkan pembelajaran luring dilakukan dengan pembelajaran tatap muka terbatas dengan kegiatan yang menarik  sehingga menjadi pelengkap untuk menutupi kekurangan dari pembelajaran daring.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.11842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]