GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KABUPATEN SERANG

Nandang Faturohman

Abstract


Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan transformasional yang ditinjau dari : 1) Penerapan dimensi idealized influence, 2) penerapan dimensi inspirational motivation, 3) penerapan dimensi intelektual stimulation, 4) penerapan dimensi individualized consideration oleh kepala sekolah PAUD pada lingkungan wilayah Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala sekolah PAUD telah menerapkan dimensi idealized influence ditunjukkan dari integritas mengelola visi dan misi, keteladan dalam menjalankan tugas dan kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan, 2) Kepala sekolah PAUD menerapkan inspirational motivation ditunjukkan dari kemampuandalam memberikan teladan dan motivasi kepada guru guru dan pegawai di sekolah, 3) Kepala sekolah PAUD menerapkan intelektual stimulation dilihat dari kemampuan untuk memberikan tindakan nyata yang memicu munculnya ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan permasalahan melalui pemberdayaan para guru dan karyawan, 4) Kepala sekolah PAUD menerapkan individualized consideration ditunjukkan dari perilaku yang humble, bersahabat, adanya saling kepercayaan, saling menghormati dan hubungan yang hangat antara pemimpin dengan guru dan karyawan serta memperhatikan kebutuhan bawahan untuk mengembangkan karir.


Keywords


Gaya kepemimpinan transformasional, kepala sekolah, PAUD

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bass, B.M. (1998). Transformational Leadership: Industrial, Military, and Educational Impact. Mahwah, NJ. Erlbaum. Conger, J.A., & Kanungo, R.N. (1987). Toward a Behavioral Theory of Charismatic Leadership in Organizational Settings. Academy of Management Review, Vol 12 No 4, hal 637 – 647.

Bass, B.M., & Avolio, B.J., 1990. Develoving Tranformational Leadership; And Beyond. 1992. Journal of European Industrial Training, 14(5) 21-27

Gibson. (1997). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Rineka Cipta

Harbani, P. (2008). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta

Helmi Adlah, 2020, Analisis Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Paud Terhadap Kinerja Guru Di Paud Alyaqin Aceh Besar. STIP BINA BANGSA GETSEMPENA.

https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pd

https://www.silabus.web.id/sejarah-paud-pendidikan-anak-usia-dini/

Muhammad Iqbal Tantowi, 2021, Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Universitas Muhamadyah Surakarta.

Sergiovani, B. 1997. Effective Elementary Schools, Reaching for Excelence, New York : Academic Press Inc.

Sutisna. 1998. Administrasi Pendidikan Dasar Teori untuk Profesional. Bandung : Angkasa. Hlm. 68




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.13031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id