PENGARUH PENERAPAN BERMAIN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK DIDIK DI TK PADU ANNISA KECAMATAN KAJANG

Febriana Ekananda Suras, Herman Herman, Parwoto Parwoto

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh bermain monopoli terhadap kemampuan berbicara anak. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh terhadap kemampuan berbicara anak melalui kegiatan bermain monopoli serta bagaimana gambaran kemampuan berbicara pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada tidaknya pengaruh bermain monopoli terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian ini juga akan menjabarkan bagaimana gambaran kemampuan berbicara anak. Jenis Penelitian yaitu Experiment menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. pendekatan penelitian yaitu  kuantitatif. jumlah sampel yang yaitu 14 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi non partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu statistik deskriptif dan analisis statistik Nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh bermain monopoli terhadap kemampuan berbicara pada anak didik di TK PADU Annisa Kecamatan Kajang dengan kategori berkembang sangat baik.


Keywords


Kemampuan Berbicara, bermain monopoli

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amelia, L. &, & Ramadhani, L. (2013). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok B Di TK Bohhatema Aceh Besar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Ardini, pupung puspa & lestariringnum. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik) by Dr. Pupung Puspa Andini, M.Pd. Dr. Anik Lestariningrum, M.Pd. (z-lib.org).pdf.

Bodrova, E., & Leong, D. J. (2007). Tools Of the Mind The Vygotskian Approach to Early Childhood Education (Second Edi).

Elya, M. H., & Dkk. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan (Ed.I). Kencana.

Herdani, T. P., Sartono, N., & Evriyani, D. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan di SMAN 1 Jakarta). Biosfer, 8(1), 20–28. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/download/5594/4181

Karmila, M., & Purwadi. (2019). Pembelajaran Bahasa untuk Anak Usia Dini (Issue March).

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD. 53(9), 3–5. https://www.paud.id/download-kurikulum-paud-2013-dan-lampiran/

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (Ed.I). Prenadamedia Geoup.

Noorlaila, I. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD (Ed.I). Pinus Book Publisher.

Roopnarine, J., & James, E. J. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan (Edisi Keli). Prenada Media Group.

Rufayda, I. (2013). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Hubungan Antar Satuan Siswa Kelas Iii Di Mi. Attaraqqie Kota Malang. 1–161.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (Edisi XI). Penerbit Erlangga.

Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Soegeng, A. ., & Dewi, S. K. S. (2015). Keefektifan Metode Permainan Monopoli Materi Operasi Hitung Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas I Sd Negeri 1 Kedungsuren Kendal. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v3i1.625

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak by Dr. Dadan Suryana (z-lib.org).pdf.

Syamsuardi, S., & Dkk. (2020). The Use of Audiovisual Media And Speaking Skill Development Of Children Aged 5-6 Years In Kindergartens in South Sulawesi. The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 1392–1404.

Yulaini, erma. (2015). Seminar Pendidikan Nasional. Seminar Pendidikan Nasional, 1458.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.13528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id