PENGARUH PERMAINAN CD AJAIB TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD IK NURUL QURAN

Irhamna Irhamna, Ichsan Ichsan

Abstract


Pengenalan angka menggunakan permainan CD ajaib dapat membantu anak pada proses kegiatan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan benda yang ada di sekitar.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan CD ajaib terhadap kemampuan pengenalan angka pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini  menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas Al-Quddus (kontrol) dan kelas Ar-Rahim (eksperimen) yang masing-masing terdiri dari 15 orang anak. Pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa lembar observasi penilaian dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data   menunjukkan bahwa hasil nilai uji t menunjukkan thitung dan ttabel yaitu 8,18 >  1,70, sehingga dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain permainan CD ajaib dapat mempengaruhi kemampuan pengenalan angka pada anak usia dini dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran menulis dan menyebutkan angka pada gambar-gambar.


Keywords


Pengenalan angka menggunakan permainan CD ajaib dapat membantu anak pada proses kegiatan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan benda yang ada di sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan CD ajaib terhadap kemampua

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung Triharso, Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini, (Jakarta: Andi, 2013), h. 10

Anas Sudijono, (2011) Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Gafindo.

Dadan Suryana, (2016) Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Kencana.

Johni Dimyanti, (2013) Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Kencana.

M. Fadillah, (2017) Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Mayke S. Tedjasaputra, (2001) Bermain, Mainan dan Permainan, Jakarta: Garasindo.

Maiyuli, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Domino Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–12. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100825&val=1492

Nova Razi "Peningkatan kecerdasan logika matematik anak melalui permainan berhitung menggunakan papan telur" di Tk Aisyah 7 Duri, jurnal pesona PAUD, Vol.1, No.1, 2012, h. 2.

Putu Ade Andre Payadnya, (2018) Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSSI, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Soefandi Indra & Ahmad Pramudya. (2009). Strategi Mengembangkan Potensi Kecedasan Anak, Jakarta: Bee Media Indonesia

Sugiyino, (2015) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2008) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2009) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. ALFABETA.

Syamsyidah, (2019) 45 Permainan Matematik, (yogjakarta:CV Budi Utama.

Syamsuddin.dkk, (2011) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i1.13611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id