PENGEMBANGAN BUKU DONGENG AUD BERBASIS BUDAYA “SERI CERITA RAKYAT REOG KENDANG TULUNGAGUNG”
Abstract
Masyarakat mencoba menanamkan dan mengenalkan budaya sejak usia dini. Menanamkan kebudayaan sejak usia dini juga sangat diperlukan, salah satunya melalui media buku dongeng. Buku dongeng biasanya berisi cerita zaman dahulu (cerita tradisional) yang berkembang dalam sekelompok masyarakat tertentu atau lebih dikenal dengan sebutan cerita rakyat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku dongeng aud berbasis budaya yang valid berdasarkan ahli materi, ahli media,dan pengguna,serta sebagai bahan ajar dalam perkembangan moral anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangam, yang menggunakan model pengembangan penyederhanaan dari Borg & Gall yang meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk,6) uji coba produk, 7) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku dongeng aud berbasis budaya yang dikembangkan memiliki nilai yang sangat valid dengan persentase 88,7%, memiliki tingkat kemenarikan 96,5%, serta dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam perkembangan moral anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adieb, Maulana. 2021 . Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 : Cerita Rakyat, ( Online), (https://www.zenius.net/blog/cerita-rakyat-adalah), diakses 10 Januari 2022.
Ahmadi, Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Appkey. 2020. Pekerja Keras Contoh Bagi Kalangan Anak Milenial, (Online), (https://markey.id/blog/bisnis/pekerja-keras), diakses 10 Januari 2022.
Ardhana,Wayan. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Arum, Rifda. 2021. Pengertian Dongeng : Jenis, Contoh, Nilai Moral, dan Manfaat, ( Online ), (https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-dongeng/) , diakses 10 Januari 2022.
Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa Dan Budayanya. Jakarta : PT.Rineka Cipta
Choedhury, Subir. 2005. Organisasi Abad 21, Suatu Hari Organisasi Akan Melalui Jalan lain. Jakarta : PT. Indek
Daryanto, Heri T. 2015 . Pengelolaan Budaya Dan Iklim Sekolah. Yogyakarta : Gava Media
Endriano, Rizqi. 2019. Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Masyithoh 13 Sokaraja Lor. Skripsi tidak diterbitkan . Purwokerto : Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto.
Geischa,Sarafica.2020. Cara Melestarikan Budaya Indonesia,(Online),( https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/skola/read/2020/09/23/130000869/cara-melestarikan-budaya-indonesia),diakses 3 Januari 2022.
Hutami,Bayu F. 2020. Cerita Rakyat Bergambar Asah Imajinasi Anak Sejak Dini,(online),( https://bayufitri.com/cerita-rakyat-bergambar-asah-imajinasi-anak/) , diakses 3 Januari 2022
Lestari, Mira Dewi. 2016. Pengembanagan Buku Cerita Bergambar Untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Jujur dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Rendah. Skripsi . Yogyakarta : Program Sastra Satu Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Maryamah,Eva.2016. Pengembangan Budaya Sekolah.Tarbawi:Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2 (02),11. Dari https://www.neliti.com/publications/256481/pengembangan-budaya-sekolah.
Maryanto, Soemadji. 2008 . Pelengkap IPS : Cerita Rakyat Untuk AD. Jakarta : Balai Pustaka
Notoadmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.
Nugraheni, Wiga. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Kesenian Reog Kendang Terhadap Pelajar Di Kabupaten Tulungagung. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurgiyantoro, Burhan . 2005 . Satra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Ank. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Peraturan Mentri No 137 Tahun 2014, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, ( Kementerian pendidikan dan Kebudayaan ).
Permatasari, Andalusia N., Dinar Nur Intan., Dewi Mulyani. 2017.Literasi Dini dengan Teknik Bercerita. Journal Family Edu,Vol III (1),9. Dari https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/5887.
Prastowo, Andi. 2015. Munyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Implementasiu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Jakarta : Prenadamedia Group.
Puspitasari Beru M., Isti Rusdiyani, & Ratih Kusumawardani. 2020. Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Membaca Control Roudhoh Usia 5-6 Tahun. Jurnal Untirta : Jurnal Penelitian Pengembangan PAUD, 7(1), 10.
Putri. 2019. Pengertian Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia, (Online ), (https://blog.elevenia.co.id/pengertian-wawasan-nusantara-sebagai-geopolitik-indonesia/#:~:text=Wawasan%20sendiri%20berasal%20dari%20Bahasa%20jawa%20yaitu%20wawas,Wawasan%20ini%20merupakan%20cara%20pandang%20atau%20cara%20melihat.), diakses 24 Januari 2022.
Rahmawati,Yulfrida. 2012. Pengenalan Budaya Melalui Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak,1(1),7. Dari https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/2908/2422.
Rosa, Nikita. 2021. Apa Yang Dimaksud Kerja Sama ? Ini Pengertian, Tujuan, dan Bentuknya, ( Online), (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5867133/apa-yang-dimaksud-kerja-sama-ini-pengertian-tujuan-dan-bentuknya), diakses 10 Januari 2022.
Rosari ,Yosephine. 2014. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Perilaku Moral. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Setyorini, Eko A. 2020. Pengembangan Media Puzzle Berbasis Audio Visual Dengan Penguatan Karakter Toleransi Pada Subtema” Indahnya Persatuan Dan Kesatuan Negeriku” Di Kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FIP UM.
Soekamto, Soerjono. 1983 . Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali
Soekamto, Soerjono. 1983. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan ( Penelitian Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,R&D). Bandung : CV Alfabeta.
Supardi. 2015. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafinda Persada.
Talita, Tasya. 2021. Pengertian Tanggung Jawab & Contoh Sikap Tanggung Jawab, (Online), (https://www.gramedia.com/best-seller/tanggung-jawab/), diakses 10 Januari 2022.
Trimansyah,bambang. 2020. Panduan Penulisan Buku cerita Anak. Jakarta:Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra,Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,Republik Indonesia.
Widyananda,Rakha F..2020. Pengertian Dongeng Adalah Suatu karya Sastra Lama Penunh Khayalan, Ketahui Cirinya,(online), (https://m.merdeka.com/jatim/pengertian-dongeng-adalah-suatu-karya-sastra-lama-penuh-khayalan-ketahui-cirinya-kln.html) , diakses 3 Januari 2022.
Wisangnuari,Secundina K.2017.Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas III SD Kanisius Kumendam Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Yuliana, R. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika-SI, 6(1), 60-67.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.14239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]