PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA(LK) DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN CIPOCOK JAYA

Fajar Nureni, Sholeh Hidayat, Isti Rusdiyani

Abstract


Kompetensi abad 21 peserta didik mampu menerapkan keterampilan literasi digital. Selain peserta didik yang lebih terpenting adalah guru juga harus mampu menggunakan teknologi dan komunikasi serta inovasi sesuai kebutuhan sebagai guru. Khususnya pada saat pembelajaran jarak jauh seperti saat pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan efektivitas, dan menganalisis respon peserta didik terhadap Lembar Kerja (LK) Digital untuk kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data diperoleh berdasarkan instrumen angket yang diberikan kepada 2 orang ahli (validator), 4 orang guru TK dan 21 anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Kecamatan Cipocok Jaya. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Lembar Kerja (LK) Digital yang dikembangkan melalui aplikasi liveworksheet. Uji kelayakan diperoleh hasil validasi ahli materi dengan rata-rata persentase mencapai 91,25%, yang menunjukkan kualifikasi sangat layak dan hasil validasi ahli media rata-rata persentase mencapai 91,6% yang menunjukkan kualifikasi sangat layak. Adapun efektivitas media pembelajaran Lembar Kerja (LK) Digital berdasarkan hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 19,94% dengan kualifikasi sangat efektif, sedangkan hasil respon peserta didik sebesar 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Lembar Kerja (LK) Digital sangat layak dan sangat efektif serta mendapatkan respon positif untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun khususnya pada pembelajaran jarak jauh.


Keywords


Lembar Kerja Digital, kognitif, anak 5-6 tahun.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariani, Niken dan Haryanto, Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Iriantara, Yosal. 2014. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Miarso, Yusufhadi. 2013. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital.

Bandung: Alfabeta,CV.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pebelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nur Sa’adah, Risa dan Wahyu. 2020. Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.

Prasetyo, Sigit. 2007. Pengembangan Pembelajaran dengan

menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Semarang: UNNES

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian

Sadiman, Arif S. (dkk). 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran Jakarta: KENCANA PRENADAMEDIA GROUP.

Sharon E. Smaldino, James D. Russel dan Deborah L. Lowther. 2011. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suyadi, & Maulidiya, Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.

Wahyudin, U & Agustin, M. 2012. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka.

Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.14636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id