HUBUNGAN GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS TERHADAP KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 4-6 TAHUN

Haliza Tsuraya Ramadhini, Laily Rosidah, Siti Khosiah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan game edukasi bahasa inggris terhadap kosakata bahasa inggris anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berusia 4-6 tahun di Kecamatan Serang yang pernah atau sering memberi akses game edukasi berbahasa inggris ke anak usia dini. Instrumen penelitian yang dipakai adalah dengan instrumen penelitian kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah product moment pearson dengan menggunakan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 40,5% maka dapat dilihat bahwa variabel game edukasi bahasa inggris dan kosakata bahasa inggris terdapat hubungan pengaruh yang signifikan. Hasil yang didapat dari hasil uji regresi menunjukkan bahwa game edukasi bahasa inggris memiliki hubungan yang positif sehingga dapat dinyatakan bahwa semakin baik penggunaan game edukasi bahasa inggris ke anak usia dini, maka akan semakin tinggi pula kemampuan kosakata Bahasa Inggris anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini, Game Edukasi, Kosakata Anak, Kosakata Bahasa Inggris Anak

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afandi, T. (2017). Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, 1–2.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Astuti, D., Dan, I., & Wulan, R. (2004). Perbedaan Penguasaan Kosakata Anak Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi, 2, 92–102.

Cheppy Sunzuphy. (2020). Media Pembelajaran.

Clark, D. (2006). Games and Learning Games and Learning. 224.

Fatimah, A. (2015). Bermain & Permainan (I). Untirta Press.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. 4, 1216–1227.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivarat dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); I). Yayasan Kita Menulis.

Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Malang.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Departmen Pendidikan Nasional.

Helena, Pesola, Carol A.B, C. (1994). Language and Children. Longman Publishing Group.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id

Rombepajung, J. . (1988). Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Asing. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosidah, L. (2016). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini (S. Tisnasari (ed.)). FKIP Untirta Publishing.

Rozi, Z. F. (2010). Mahir Membuat Game dalam 1 Jam. Yogyakarta.

Rutoto, S. (2007). Pengantar Metodologi Penelitian. FKIP Universitas Muria Kudus.

Saniya Maghfiroh, L. (2017). Pengaruh Keterampilan Dasar Menganyam Enceng Gondok Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Kadet Suwoko Lamongan. PAUD Teratai, 7(1), 1–6.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi kesebelas. PT. Erlangga.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenadamedia Group.

Yuliantantri, N., & S, N. D. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok A di TK Ketintang Jaya Surabaya. Journal Unesa, 1–8.

Yusuf, H. S. L. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.15415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id