Analisis Teori Belajar Anak Pasca- PAUD di Sekolah Islam Al-Huda

Maziyyatul Muslimah, Erlina Rahma Pramudya Ningrum

Abstract


Pendidikan dasar merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam bentuk pendidikan formal di luar rumah, seperti kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotor. Jika kemampuan tersebut diajarkan dan ditanamkan sejak sekolah dasar, mereka akan mendapatkan dorongan belajar, kemudian menjadi kebiasaan yang akan mereka lakukan untuk masa depan. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar, pengajar dituntut untuk dapat memahami karakteristik peserta didik yang beragam. Penelitian bertujuan untuk mengungkap teori-teori belajar yang tepat untuk anak usia dini. Hasil penelitian dalam jurnal ini didapatkan dari pengisian angket, wawancara serta observasi secara langsung di SDI Al-Huda. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingkatan anak sekolah dasar kelas 1-3 merupakan tahapan dimana anak mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya, yakni dari tingkatan pertama pendidikan anak usia dini (PAUD) ke ranah yang kedua, yakni pendidikan sekolah dasar (SD). Mereka memiliki sikap yang sangat aktif dan mudah merasa bosan. Untuk mengatasi problematika tersebut pengajar berusaha untuk mengkolaborasikan antara belajar sambil bermain. Dengan demikian peserta didik bersemangat dalam proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Teori Belajar , Pendidikan Anak, Pembelajaran 

Keywords


Teori belajar, Pendidikan, Pembelajaran

References


Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1).

Ahimah, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9 (1). 7,https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/31618.

Anufia & Alhamid. (2019) Instrumen Pengumpulan Data. 11, https://osf.io/preprints/inarxiv/s3kr6/.

Arifin, M., Sari, A. P., & Tama, A. M. (2017). Implikasi Teori Belajar Sibernetik Dalam Proses Pembelajaran Dan Penerapan IT Di Era Modern. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bittream/handle/11617/9613/25.pdf?sequence=1.

Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Harlina & Wardarita. (2020). Peran Pembalajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4 (1). 64, https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/2332.

Hansen, S. Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Kontruksi. Jurnal Teknik Sipil. 27 (3), 284, https://journals.itb.ac.id/index.php/jts/article/view/13162.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at- Taqaddum. 8 (1), 23, https://journal.walisongo .ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163.

Istichori, Mappapoleonro & Mansoer. (2020). Pengaruh Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvery Terhadap Kemandirian Anak. STKIP Kusuma Negara lll. https://jurnal.stkipkusum anegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/438/440/2900.

Muwarti. A & Tambak. Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqh. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15 (1), 64-65,https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1585.

Marzuenda.Teori Belajar Deskriptif dan Teori Pembelajaran Preskriptif. Jurnal Kreatifitas, 9 (2), 181-182, https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/download/218/152/.

Magdalena, M. Melatih Kepercayaan Diri Siswa dalam Menyatakan Tanggapan dan Saran Sederhana Melalui Penguatan Pujian pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran. 1 (2), 240, https://media.neliti.com/media/publications/256089-melatih kepercaya an-diri-siswa-dalam-men05b361e2 .pdf.

Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains. 2 (1), https://ejournal.stitpn.ac.id/ind ex.php/edisi/article/786.

Sumantri, B.A, & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2), http://103.207.96.36:8056/ojs2/index.php/AW/article/download/889/732.

Soyomukti, N. (2017). Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suwarno, W. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Salmaniah, N, S. (2020). Metode dan Teknik Wawancara. Karya Ilmiah, 2.

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia. https://ejournal .stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/download/208/170/.

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i1.15497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id