UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK DI PAUD DURIAN 1 KECAMATAN CIPUTAT TIMUR

Sri Sundari, Choiriyah Choiriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran proyek. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa, teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber data dengan tahapan-tahapan pengolahan data menurut Miles dan Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas anak dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran proyek melalui kegiatan bermain balok dan finger painting. Dilihat dari adanya semangat dan antusias peserta didik dalam melakukan kegiatan bermain balok dan finger painting. Kreativitas anak sudah mulai terlihat di mana anak mampu dalam membuat sebuah karya dari kepingan balok anak-anak tidak lagi ragu dalam mewarnai serta menambahkan bentuk-bentuk lain pada gambar. Selain daripada itu sebagian anak dapat melakukan kegiatan bermain dengan tidak meniru hasil karya temannya sendiri dan dapat mengikuti instruksi dari guru.


Keywords


Kreativitas, Anak usia dini, Pembelajaran proyek

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111

Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Akhiruddin, Herawati Susilo, I. (2016). Dipadu Pjbl Berbahan Ajar Potensi Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan, 2013, 1964–1968.

Anhusadar, L. O. (2016). Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD. Al-Ta’dib, 9(1), 76–93.

Arikunto, S. (2004). Dasar-dasar supervisi. Rineka cipta.

Busron, B., & Rachmi, T. (2020). Analisis Capaian Standar dan Pemanfaatan Hasil Akreditasi PAUD Provinsi Banten. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2335

Carr, W., & Kemmis, S. (1986). Becoming Critical: Education, Knowledge, and Action Research. In Canadian Journal of Education / Revue canadienne de l’éducation (Vol. 13, Nomor 1). Deakin University Press. https://doi.org/10.2307/1495177

Erick, B. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51.

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35–53. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990

Ijah, T., Florentinus, T. S., & Sudana, I. M. (2021). The Quality Assurance of Islamic Boarding School based on Total Quality Management ( TQM ). Educational Management, 10(1), 42–49.

Martín, M., & García-valc, A. (2017). Computers in Human Behavior Project-based learning ( PBL ) through the incorporation of digital technologies : An evaluation based on the experience of serving teachers nica Basilotta G o Ver o rcel Mu n. 68. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.056

Pellegrino, J. W., & Hilton, M. L. (2013). Education for life and work: Developing transferable knowledge and skills in the 21st century. In Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. https://doi.org/10.17226/13398

Skills, C. T. (2018). Universitas Papua. Physics Education Journal, 1(1), 12–21. i.yusuf@unipa.ac.id

So, H. J., & Kim, B. (2009). Learning about problem based learning: Student teachers integrating technology, pedagogy and content knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 25(1), 101–116. https://doi.org/10.14742/ajet.1183

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Untari, R. S., Kamdi, W., Dardiri, A., Hadi, S., & Nurhadi, D. (2020). The development and application of interactive multimedia in project-based learning to enhance students’ achievement for 2D animation making. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(16), 17–30. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i16.16521




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i1.15812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id