HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI
Abstract
Perilaku prososial merupakan hal penting bagi anak untuk mudah menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial. Hal ini terlihat anak mampu mewujudkan rasa ingin berbagi, tolong menolong, bertindak jujur serta empati terhadap orang lain. Perilaku yang ditunjukkan mereka karena adanya kematangan emosional dirinya untuk memiliki perilaku positif dengan memberikan kemudahan bagi orang lain. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui ada tidaknya hubungan antara perkembangan emosional terhadap perilaku prososial. Metode penelitian yang digunakan metode analisis korelasi kuantitatif dengan jumlah sampel 102 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yag disebarkan melalui google form. Berdasarkan perhitungan uji normalitas maka dapat disimpulkan kedua variabel dikatakan berdistribusi normal dengan diperoleh nilai 0,333 > 0,05. Untuk uji menghasilkan nilai Sig deviation from linearity 0,062 > 0,05 maka dapat disimpulkan data liniear. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dengana diperoleh hasil Sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,881 maka dapat disimpulkan tingkat hubungan yang tinggi karena pada interval kategori 0,60-0,799 = tinggi. Sehingga demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perkembangan emosional terhadap perilaku prososial anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amalia, R., Akbar, Z., & Nurani, Y. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1501–1513. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697
Amseke, F. V., & Panis, M. P. (2020). Peran Perkembangan Moral Terhadap Perilaku Prososial Remaja.PSYCHE: Jurnal Psikologi, 2(2), 103–115. https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.210
Arniansyah, A., Nadhilla, N., Permatasari, R. E., Milani, T., & Putri, Y. W. A. (2018). Pelatihan Empati Dan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 6-12 Tahun Di Rptra Anggrek Bintaro. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 432. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.2064
Auvisena, A. U., Faiz, A., & Aeni, K. (2021). Studi literatur : Analisis pengaruh dan upaya pengembangan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar. 19(1), 1–6.
Blankson, A. N., Weaver, J. M., Leerkes, E. M., O’Brien, M., Calkins, S. D., & Marcovitch, S. (2017). Cognitive and Emotional Processes as Predictors of a Successful Transition Into School. Early Education and Development, 28(1), 1–20. https://doi.org/10.1080/10409289.2016.1183434
BSSN. (2020). Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak. Retrieved from BSSN website: https://bssn.go.id/waspada-dampak-buruk-gadget-pada-anak/
Coulombe, B. R., Rudd, K. L., & Yates, T. M. (2019). Children’s physiological reactivity in emotion contexts and prosocial behavior. Brain and Behavior, 9(10), 1–16. https://doi.org/10.1002/brb3.1380
Drupadi, R. (2020). Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 30–36. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20326
Fauziyah, U. S., & Maemonah, M. (2020). Analisis Tiger Parenting bagi Perkembangan Emosional Anak. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 80–90. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.838
Gryczkowski, M., Jordan, S. S., & Mercer, S. H. (2018). Moderators of the Relations Between Mothers’ and Fathers’ Parenting Practices and Children’s Prosocial Behavior. Child Psychiatry and Human Development, 49(3), 409–419. https://doi.org/10.1007/s10578-017-0759-3
Johnson, C. M., Tariq, A., & Baker, T. L. (2018). From Gucci To Green Bags: Conspicuous Consumption As a Signal for Pro-Social Behavior. Journal of Marketing Theory and Practice, 26(4), 339–356. https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1487769
Kaltwasser, L., Hildebrandt, A., Wilhelm, O., & Sommer, W. (2017). On the Relationship of Emotional Abilities and Prosocial Behavior. Evolution and Human Behavior, 38(3), 298–308. https://doi.org/10.1016/j.evolhumbehav.2016.10.011
Nikmah, F. J., & Lubis, H. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra-Sekolah (4-6 Tahun). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 417. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5982
Noya, A. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Perilaku Prososial Siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikandan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 28–34. Retrieved from http://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/25
Prima, E. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini (Studi pada Guru di TK Khalifah Purwokerto). Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(2), 191–203.
Putra, et. all. (2021). Pengaruh kecemasan karena covid-19 terhadap perubahan perilaku prososial. 2(1), 1–5.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula.
Rumondor, P., Mamonto, S. B., & Suryani, O. A. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bongkudai. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(2), 167. https://doi.org/10.19105/nuansa.v17i2.2876
Sabiq, Z. (2016). Kecerdasan Emosional , Spiritual Dan Perilaku Prososial Santri Sabilul Ihsan Pamekasan. KABILAH : Journal of Social Community 1, 1(1), 173–190. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/1715
Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development. Erlangga.
Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994–999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Scorsinni, C., Manurung, Y. S., Erick, & Pasaribu, J. C. (2020). Perilaku Prososial ditinjau dari Kecerdasaan Emosional Pada Siswa Kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(3), 232–239.
Sembiring, M., Milfayetty, S., & Siregar, N. I. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Calon Katekis. 1–11.
Stiker, R. M., Christner, N., Pletti, C., & Paulus, M. (2021). The moral self-concept in preschool children: Its dimensions and relation to prosocial behaviors. Cognitive Development, 58(2001). https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2021.101033
Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif.
UNICEF. (2020). UNICEF. https://www.unicef.org/indonesia/.
Wahyunni, F., Dalifa, D., & Muktadir, A. (2017). Hubungan Antara Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Sikap Rasa Hormat Siswa Kelas Iv Sd Negeri 03 Kota Pagar Alam. Jurnal PGSD, 10(2), 86–91. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.86-91
Wulandari, H., Sujana, Y., & Syamsuddin, M. M. (2019). Hubungan Antara Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Prosisal Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal Kumara Cendekia, 7(3), 269–281.
Zulaikha, F., & Sureskiarti, E. (2018). Status Perkembangan Terhadap Perkembangan Emosi Anak di Kota Samarinda. Dunia Keperawatan, 6(1), 19–26. https://doi.org/10.20527/dk.v6i1.4949
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.16124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]