GERAK DAN LAGU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR

Jubaedah Jubaedah, Nita Priyanti

Abstract


pengaruh pembelajaran pada masa covid yang lebih banyak menggunkan metode daring dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak apalagi pada perkembangan motorik kasar,Penelitian ini dilakukan dengan tujuan “untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui gerak dan lagu anak yang masih kurang optimal dan maksimal di TK/RA Al-Amanah”. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), Kegiatan penelitian tindakan kelas(PTK) dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Jumlah populasi sampel yaitu 20 siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian observasi, dokumentasi, dan wawancara. motorik kasar peserta didik mengalami peningkatan di siklus I peserta didik yang berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 40% anak, sedangkan di siklus II mengalami peningkatan berkembang sesuai harapan (BSH) menjadi 85% anak.


Keywords


Keterampilan Motorik Kasar, Gerak, dan Lagu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aip, Saripudin. Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar AnakUsia Dini, Jurnal Equalita: Vol,No 1.(2019).

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013), Desmita, Psikolog Perkembangan Peserta Didik, (Bandung:Remaja Rosdakarya 2009)

Saputriani, Dian. Upaya Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Melalui Permainan Woodballpada Anak Kelompok B Tk Mawar Bantengan Karanggede. Skripsi, surakarta: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinifakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanuniversitas Sebelas Maret (2016).

Farida, Aida. Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia

Dini,JurnalRaudah:Vol.1V,No.2.(2016)

Hidayanti, Maria. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan

Bakiak. Skripsi: Paud Pps Universitas Jakarta, (2013)

JanijeJ, Beaty.Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana 2013) Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008), h. 129-130

M Kristanto dan YhanaPratiwi. Upaya Meningkatkan Kemampuan MotorikKasar

(KeseimbanganTubuh) Melalui Permainan Tradisional Engklek, JurnalPenelitian PAUD, (2015)

Mutia, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini,(Jakarta:Prenada Media Grup 2010)

Niranda Trisnawati Khustusia. Upaya Guru Menambah Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Metode Gerak Dan Lagu, Jurnal Penelitian PAUD, (2017)

Rudiyanto Ahmad, Perkembangan Motorik Kasar Motorik Halus Anak Usia Dini, (Way Jepara Lampung:Darussalam Press,2016)

SanjayaWina, Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Kencana, 2009), 97.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D (Bandung:Alfabeta, 2015), 240.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2015), 4.

Sulistyo, Tiara Intan. Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Unuversitas Sebelas Maret (2021)

SumadyoSamsu, Penelitian Tindakan Kelas (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013), 80.

Susanto Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspek, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.16359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id