Pengembangan Media Gambar Buku “Aku Tahu Cita-Citaku” untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Pada Anak Usia dini 5-6 Tahun di TKIT Bina Insani

Kartika Saraswati, Meilla Dwi Nurmala, Arga Satrio Prabowo

Abstract


Dalam era arus informasi dan teknologi yang begitu cepatnya berkembang pesat menjadi bagian penting karena memudahkan untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan. Begitupun dunia karir sangatlah penting dan mempunyai peranan yang signifikan dalam kehidupan manusia sekarang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kurangnya informasi mengenai karir menjadi permasalahan hingga sekarang. Pengenalan karir sebaiknya diberikan sejak usia dini sebagai bentuk informasi awal yang menjadi konsep diri. Pada kenyataannya, tidak semua anak mempunyai informasi karir yang cukup untuk menunjang kehidupannya ketika dewasa dalam memilih dan membuat keputusan karir. Kurangnya informasi karir membuat anak tidak dapat mengenal dunia lebih luas dan kebingungan akan tujuan dan keinginan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman karir pada anak usia dini terutama rentang usia 5-6 tahun dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif yaitu media bergambar berupa buku aktivitas yang berjudul “Aku Tahu Cita-citaku”. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan karir Donald Super tahap pertumbuhan (Growth) dengan menggunakan metode penelitian research and development. Hasil validasi ahli materi sebesar 93% sedangkan dari ahli media diperoleh hasil sebesar 88%. Media pembelajaran ini mampu membantu memudahkan anak dalam mendapatkan informasi karir yang lebih luas dan membuat anak menjadi lebih giat dalam belajar untuk menggapai impian yang ingin dicapai.

Keywords


Pengenalan Karir, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran

References


Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), h. 24.

Armstrong, T. (2003). Sekolah Para Juara (Menerapkan Multiple Intelegences di Dunia Pendidikan). Penerjemah: Yudhi Murtanto. Bandung: Penerbit Kaifa.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005), hlm. 1-10 Muchyidin, A.S. dan Fatoni, T. (2002). Media Pembelajaran. Bandung : FIP-UPI

Dewi, Kurnia. (2017) Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. E-journal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. DOI: 10.19109/ra.v1i1.1489

Habibatullah, Salwa. Astuti, Darmiyanti. Dewi, Siti Aisyah. (2021) Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, No. 4. April 2021. ISSN (online) : 2598-2524 ISSN (Cetak) : 2598-2060

Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition. New York: Mc. Graw hill, Inc.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Intelektualitas Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015, 33

Penelitian Osborn, White, dan Bloom dalam Gutama, “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini”, dalam Perpustakaan Kemendiknas.go.id

Roopnaire, J. L & Johnson, J.E. (1993). Approaches to Early Childhood, Education, 2nd Edition. New York : Merril.

Trisnowati, Eli. (2016) Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. Jurnal Pendidikan Sosial. Vol.3, No. 1, Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i1.16640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id