Pengembangan Media Koper Jahit Karakter Sebagai Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak

Dewi Aminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media menjahit sebagai stimulasi perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan utama dan revisi produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan melalui 4 tahapan uji coba yaitu uji coba ahli materi, uji coba ahli media pembelajaran, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Subjek penelitian dan pengembangan yaitu anak usia 5-6 tahun di TK Masyithoh 78 Krian yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (angket ahli materi, angket ahli media pembelajaran, dan angket respon anak) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh media menjahit dari ahli materi sebesar 86,11% dengan predikat “tinggi”, ahli media pembelajaran 90,62% dengan predikat “sangat tinggi”, uji coba lapangan awal 78,23% dengan predikat “tinggi”, uji coba lapangan utama 79,81% dengan predikat “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media menjahit sebagai stimulasi perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun layak digunakan. 

Keywords


media pembelajaran, menjahit, perkembangan motorik halus

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, S. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Anggraini, F S. 2016. Perkembangan Motorik AUD Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Kurnia Group Publishing.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif, Mendukung Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Priansa, D J. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ramansyah, W. 2018. Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Bangkalan: Utm Press.

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wiyani, N A dan Barnawi. 2012. Format PAUD: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.16764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id