PENERAPAN MEDIA WAYANG HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BABADAN BLITAR

Yasmin Pipin Anggriani, Luluk Iffatur Rocmah

Abstract


Observasi pada penelitian ini menunjukkan 31,5% anak yang mampu mengenal huruf di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Babadan Blitar. Dalam pembelajaran mengenal huruf guru hanya menggunakan buku tulis, dan penyampaian menggunakan papan tulis. Pembelajaran ini membuat peserta didik menjadi bosan, maka penelitian ini bertujuan mengenalkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf, yaitu dengan media wayang huruf. Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart dengan tiga tahapan terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Adapun peningkatan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di tk aisyiyah bustanul athfal babadan blitar dengan media wayang huruf dari pra siklus sampai siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pra siklus nilai keselurahan mencapai 54%, siklus I adalah 74%, dan siklus II adalah 90%. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf setelah dilakukan dengan menggunakan media wayang huruf dalam penyampaian pembelajaran mengenal huruf.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ade Chandra, R. D. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 62–71.

Barbara A. Wasik & Carol Seefeldt. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. PT INDEKS.

Damayanti, M. S., Rasmani, U. E. E., & Syamsuddin, M. M. (2020). Penerapan Metode Jolly Phonics Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 23.

Febriyanti, W. S., Studi, P., Islam, P., Usia, A., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2019). Wayang Huruf Di Kelompok B Tk Islam Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.

Fitri, I., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Dengan. 5(1).

Habibah, S. (2020). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran. Kompasiana, 1.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.

Nurgiyantoro, B. (2003). Wayang Dalam Fiksi Indonesia. Humaniora, 15(1), 1–14.

Pps, P., Negeri, U., Muka, J. R., & E-mail, J. T. (2013). Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Pada Proses Pembelajaran Di TK Dwi Dituntut Untuk Lebih Kreatif Dalam Menyiapkan Media Bermain Yang. Pendidikan Usia Dini, 7(1), 201–220.

siti nurul fazriah, D. (2021). meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media permainan kotak huruf usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 86–95.

Syintha Yulia Sari Arti. (2012). Penggunaan alat peraga “boneka wayang” untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok b tk aisyiyah 56 baron tahun ajaran 2011/2012.

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Kata. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Tiningsih, Emi, D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, Vol.8(2), 399–408.

Tri Lestari Waraningsih. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Sulthoni Nganglik Sleman (2014). Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 38–39.

Usman, & Yuniar, P. (2019). Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i1.17036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id